Palembang (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perkim Sumatera Selatan, Basyarudin Akhmad memastikan renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 20 Mei -11 Juni 2023, bakal tuntas akhir Maret ini.

Hal tersebut katakan Basyarudin seusai mendampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Menpora Zainudin Amali, Gubernur Sumsel, Herman Deru meninjau renovasi lapangan pertandingan dan latihan Piala Dunia U-20 di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Sabtu.

Basyarudin menjelaskan renovasi utama seperti penggantian lampu penerangan standar FIFA, ruangan penonton VIP dan pemain, pemasangan ornamen, pemeliharaan rumput lapangan, serta perapihan kawasan Stadion Gelora Sriwijaya sudah diselesaikan.

"Secara umum, stadion kita sudah siap untuk digunakan sebagai salah satu tempat pertandingan sepak bola Piala Dunia U-20 putra, kegiatan renovasi tinggal sedikit lagi yang sifatnya pekerjaan ringan dan pemasangan fasilitas pendukung seperti papan skor," kata Basyarudin.

Baca juga: Erick Thohir beri rapor baik kesiapan Sumsel untuk Piala Dunia U-20
Baca juga: Sumsel serahkan penunjukan tuan rumah Piala Dunia U-20 ke pusat


Piala Dunia U-20 rencananya berlangsung di enam stadion yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara dari total 24 negara yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun ini yakni Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.

Sesuai ketentuan FIFA, untuk menggelar pertandingan itu, stadion yang dijadikan tempat bermain satu bulan sebelumnya harus sudah siap dan ditutup untuk kegiatan apapun (lock down).

Melihat perkembangan kegiatan renovasi dengan dukungan dana APBN mencapai Rp155 miliar lebih
yang kini telah mencapai di atas 70 persen dan dipastikan tuntas pada akhir Maret ini.

"Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan lapangan pendukungnya akan diaudit langsung oleh FIFA pada 21-27 Maret. Kami berharap Stadion Gelora Sriwijaya lolos audit dan ditunjuk menjadi salah satu tempat pertandingan Piala Dunia U-20," kata Basyarudin Akhmad menegaskan.

Sementara Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pada saat memantau pekerjaan renovasi lapangan pertandingan dan latihan Piala Dunia U-20 di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang mengatakan renovasi secara umum sudah sesuai ketentuan FIFA.

"Saya menilai renovasi Stadion Gelora Sriwijaya dan empat lapangan latihan pemain Piala Dunia U-20 sudah berjalan dengan baik. Ada beberapa bagian yang perlu dibongkar dan ditambah. Gubernur Sumsel, Herman Deru menyanggupi pengerjaannya bisa diselesaikan pada Maret ini," kata Erick yang juga Menteri BUMN itu.

Baca juga: Erick Thohir: penyelenggaraan Piala Dunia U-20 gerbang ke Piala Dunia
Baca juga: Menpora: penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 ditangani Kemenlu

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023