penjajakan kerja sama itu dilakukan pada 6 hingga 13 Maret 2023 oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi bersama Kepala Pusat Urusan Internasional (PUI) Unri
Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) menjajaki kerja sama bidang pendidikan dengan sejumlah perguruan tinggi luar (PT) negeri, yakni Wageningan University Research (WUR), Van Hall Larensen University, dan Groningen University di Belanda untuk bidang penelitian, publikasi, dan konferensi bersama.

"Perguruan tinggi asal Indonesia yang menggelar kerja sama dimaksud adalah tujuh universitas dari Indonesia dengan Wageningan University, yakni Unri, Institut Pertanian Bogor (IPB), Telkom University, Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Jambi (Unja)," kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Unri, Dr Ir Sofyan Husein Siregar MPhil dalam taklimat media kepada ANTARA, di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan penjajakan kerja sama itu dilakukan pada 6 hingga 13 Maret 2023 oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi bersama Kepala Pusat Urusan Internasional (PUI) Unri.

Ia menyebutkan beberapa kegiatan yang dijalankan adalah kunjungan ke fasilitas riset, unifarm, soil museum, farm of the future, dan selanjutnya simposium di Wageningan Indonesian Student Exchange (WISE), round table meetings dengan topik riset yaitu agroforestry.

Kunjungan berikutnya ke sustainable marine future, agro production system dan epidemic preparedness. "Saya bergabung di topic marine, sementara Dr Yufiriana bergabung di topik epidemic," kata Sofyan.

Ia menjelaskan bahwa konsorsium riset dan peluang kerja sama yang akan disepakati dalam pertemuan pimpinan delegasi dengan top management bersama dengan sejumlah perguruan tinggi luar negeri itu, merupakan implementasi dari program kebijakan Rektor Unri Prof Dr Hj Sri Indarti SE MSi untuk "Unri Go International" dalam rangka menuju Unri World Class University.

Ia mengatakan, Universitas Wageningan, merupakan universitas terbaik di bidang pertanian di dunia dengan konsep penerapan ilmu dasar dan teknologi serta penguatan kolaborasi start up dengan dunia industri.

"Beberapa perusahaan seperti Unilever membangun fasilitas laboratorium pangan di kawasan kampus ini. Van Hall Larensen University, merupakan University of Applied Sciences, dan Groningen University termasuk ke dalam Word Class University," kata Sofyan.

Kepala PUI Unri Dr Yufitriana Amir, SKp NERS menambahkan kunjungan ini dijembatani oleh Kedubes RI di Belanda.

Delegasi dari Indonesia yang hadir pada pertemuan ini berasal dari unsur pimpinan, khususnya Wakil Rektor IV yang berhubungan dengan kerja sama dan penelitian.

Baca juga: Riau University-PSU Thailand menjajaki kerjasama di bidang pendidikan

Baca juga: Mantan Rektor Unri itu menjadi saksi lanjutan kasus suap PMB Unila

Baca juga: UNRI dan UMK Malaysia sepakat untuk meningkatkan kualitas SDM

Baca juga: UNRI melatih 20 mahasiswa dari suku terasing untuk berwirausaha

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023