Depok (ANTARA) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro menegaskan akan terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, serta unggul di level Asia Tenggara dan terpandang di dunia.
 
"Hal ini dibuktikan lewat kerja keras seluruh warga UI agar posisi UI semakin baik lagi di panggung dunia akademik internasional," ujar Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Minggu.  

Ia menyebutkan, pada tahun 2022, menurut QS Asia University Ranking, UI menempati posisi teratas di Indonesia, peringkat 10 di Asia Tenggara, dan 49 di level Asia.

Selain itu, berdasarkan THE Impact Ranking 2022, UI berada pada urutan pertama di tanah air, ketiga di Asia Tenggara, posisi 5 di Asia, dan posisi ke-18 di dunia. Kemudian, di tahun 2023 UI tetap berada pada posisi puncak dengan ranking 9 di Asia Tenggara.

Lebih lanjut, Prof. Ari menyampaikan, lulusan UI memiliki kompetensi yang lengkap dan unggul, serta memiliki ketangguhan dan tidak kalah dengan lulusan luar negeri. Berdasarkan pemeringkatan QS Graduate Employability Ranking 2022, UI adalah yang terbaik di Indonesia, peringkat 11 di Asia Tenggara dan peringkat 137 di dunia.  

"UI telah dan terus akan memfasilitasi persiapan dan pengembangan diri mahasiswa agar dapat menjalani transisi yang smooth menuju dunia pasca pendidikan tinggi melalui berbagai program, seperti pelatihan softskills, bursa kerja, dan upaya-upaya lain untuk menjembatani mahasiswa dan lulusan dengan pilihan karirnya," kata Prof. Ari.

UI lanjut Prof. Ari sebagai perguruan tinggi yang menyandang nama besar Indonesia siap memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa.

"Kami ingin menjadi pelopor cara pembelajaran yang tepat agar lulusannya bisa segera berkontribusi sesuai bidang keilmuannya, mengembangkan riset yang lebih tepat sasaran, dan menerapkan pengabdian masyarakat yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut dia UI melihat pendidikan berkelanjutan bagi para pimpinan di berbagai bidang dapat mendorong Indonesia untuk terus maju dan lebih siap menghadapi persaingan global. "Di sinilah intervensi UI yang akan menciptakan dampak dan dapat dirasakan oleh masyarakat," ujar Ari.


Baca juga: Rektor: UI siapkan solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa

Baca juga: Mahasiswa arsitektur UI sabet penghargaan internasional dari Las Vegas

Baca juga: Kemenpan RB libatkan akademisi UI untuk reformasi birokrasi berdampak

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023