Bali adalah jendela dunia bagi Indonesia. Berbagai macam bangsa ada di Bali. Oleh karena itu, kedamaian, kerukunan, persahabatan bahkan kebhinnekaan harus dijaga
Denpasar (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengajak masyarakat Bali senantiasa menjaga kedamaian, kerukunan, dan persahabatan menuju Pemilu 2024, karena hal ini juga penting bagi sektor pariwisata agar terus bangkit.

"Bali adalah jendela dunia bagi Indonesia. Berbagai macam bangsa ada di Bali. Oleh karena itu, kedamaian, kerukunan, persahabatan bahkan kebhinnekaan harus dijaga," kata Muzani saat menyampaikan sambutan pada acara Jalan Sehat Prabowo di Denpasar, Minggu.

Acara jalan sehat dalam rangkaian HUT ke-15 Partai Gerindra dengan nilai total hadiah undian mencapai Rp1,2 miliar tersebut disambut antusias oleh puluhan ribu warga Bali yang memenuhi rute jalan di seputar Lapangan Puputan Margarana-Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali.

"Dengan acara jalan sehat ini menunjukkan masyarakat Bali begitu cinta damai, cinta terhadap ketentraman, cinta pada kedamaian. Masyarakat Bali cinta pada kerukunan dan cinta pada ketenangan," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Muzani, pesan-pesan menjaga kedamaian, kerukunan dan persahabatan ini mesti terus digaungkan tidak saja pada masyarakat Bali, namun juga kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: Sekjen Gerindra: Prabowo pemimpin yang berkomitmen jaga persatuan
Baca juga: Pesona Desa Wisata Adat Tenganan Bali

"Pemilu 2024 harus menjadi jalan sebagai upaya menjaga itu (kedamaian, kerukunan, persahabatan, ketenteraman). Partai Gerindra berkomitmen untuk itu, apalagi calon Presiden Partai Gerindra (Prabowo Subianto) juga berkomitmen yang sama," ujarnya.

Gerindra, tambah Muzani, berkomitmen menjaga Pancasila. "Pak Prabowo juga berkomitmen dan kita semua di seluruh Indonesia juga, Pemilu 2024 yang akan datang harus jadi sarana yang menguatkan Pancasila, NKRI, kebhinnekaan, dan UUD 1945," ujar Muzani.

Kemudian, kata dia, Bali yang menggantungkan pada sektor pariwisata, maka wisatawan hanya akan datang kalau daerah ini ada dalam kondisi yang tenang, damai dan tentram.

"Kami harapkan geliat pariwisata akan bangkit di Bali dan di berbagai macam daerah di Indonesia. Kalau pariwisata bangkit maka ekonomi akan bangkit. Kalau ekonomi Bali bangkit, berarti ekonomi Indonesia bangkit dan negara juga kuat," katanya bersemangat.

Tidak saja di Bali, kata dia, masyarakat yang begitu antusias dan tumpah ruah mengikuti jalan sehat memperingati HUT ke-15 Partai Gerindra sebelumnya juga tampak di berbagai daerah di Indonesia seperti di Lampung, Pekanbaru, Pontianak, Banten, Batam, Jember dan berbagai daerah lain di Tanah Air.

"Acara jalan sehat ini bagi kami sebagai sebuah dukungan dan energi yang besar untuk kami berjuang agar harapan masyarakat Bali kepada Partai Gerindra begitu besar, bagaimana masyarakat Bali kepada Pak Prabowo begitu luar biasa dan sangat besar. Ini menjadi energi politik untuk perjuangan kami memenangkan Pak Prabowo sebagai presiden pada Pemilu 2024," ucapnya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Gerindra Bali Made Muliawan Arya atau yang akrab dipanggil De Gadjah mengatakan jalan sehat merupakan upaya partainya untuk memacu semangat masyarakat Bali, di luar kaitannya dalam pilih-memilih pada Pemilu 2024.

"Gerindra Bali memang diinstruksikan oleh Pak Prabowo untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Jadi salah satunya dengan mengajak cara hidup sehat. Kalau sudah sehat pikiran juga kuat, dengan jiwa kuat kita semangat kerja dan dengan semangat kerja kita akan semakin sejahtera," ujarnya.

Baca juga: Luhut: Bali tidak butuh turis nakal karena hanya akan merusak
Baca juga: Anggota MPR: Strategi kebudayaan penting untuk menumbuhkan ekonomi
Ketua DPD Partai Gerindra Bali Made Muliawan Arya saat menyerahkan simbolis hadiah satu unit rumah kepada Nurul Khomariah salah satu peserta jalan sehat HUT ke-15 Partai Gerindra di Denpasar, Bali, Minggu (12/3/2023). ANTARA/Ni Luh Rhismawati/aa.


Wakil Ketua DPRD Denpasar yang menggaungkan politik damai dan cerdas itu juga menyampaikan pesan dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang berhalangan hadir lantaran ke luar kota dalam tugasnya sebagai Menteri Pertahanan.

Sebanyak 75 ribu warga Bali tercatat mengikuti jalan sehat rangkaian HUT ke-15 Partai Gerindra. Hadiah yang disiapkan berupa satu unit rumah, satu unit mobil, 25 sepeda motor, sepeda gunung dan ratusan hadiah hiburan berupa perangkat elektronik hingga berbagai voucher.

"Hadiahnya ya ada rumah, mobil, motor, itu iuran murni dari kader. Pak Prabowo memang menyiapkan program-program untuk masyarakat dan memang akan ada selanjutnya," ujarnya.

Nurul Khomariah, seorang ibu rumah tangga yang beruntung mendapatkan undian hadiah utama satu unit rumah mengucapkan terima kasih banyak kepada Partai Gerindra yang telah menggelar jalan sehat tersebut.

"Saya tidak bisa berkata-kata, semoga Partai Gerindra selalu menjadi partai yang terdepan dan selalu di hati masyarakat Indonesia. Terima kasih kepada Bapak Prabowo yang selalu mengingat kami rakyat kecil," ucap Nurul penuh haru.

Nurul sembari tak kuasa menahan tangis dan terharu karena setelah mendapat hadiah rumah itu, ia bersama putri semata wayangnya beserta suami yang berprofesi sebagai sopir tidak perlu tinggal di rumah kos lagi.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023