Jakarta (ANTARA) - Arsenal raih tiga poin penuh setelah menang meyakinkan 3-0 di kandang Fulham dalam matchday ke-27 Liga Ingris di Craven Cottage, London pada Minggu malam WIB.

Tiga gol The Gunners masing-masing dicetak oleh Gabriel Magalhaes, Gabriel Martinelli dan Martin Odegaard. Seluruh gol dalam pertandingan ini terjadi di babak pertama.

Kemenangan ini membuat Arsenal kembali memimpin puncak klasemen dengan lima poin atas Manchester City. Skuad asuhan Mikel Arteta itu mengoleksi 66 poin dari 27 pertandingan. Sedangkan Fulhan tetap berada di urutan delapan dengan 39 poin, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris

Arsenal langsung mendominasi penguasaan bola dan menekan Fulham sejak pertandingan dimulai, tetapi tim tamu bertahan dengan baik.

Pada menit ke-16, Arsenal sempat mencetak gol setelah umpan silang Gabriel Martinelli dihalau Bernd Leno dan mengenai pemain Fulham, Antonee Robinson sebelum masuk ke gawang.

Beruntung bagi Robinson bahwa gol itu dianulir VAR karena Martinelli terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Arsenal kali ini berhasil mencetak gol pada menit ke-21. Umpan lambung Leandro Trossard ditanduk Gabriel Magalhaes dan tidak bisa dihentikan kiper Berd Leno. Skor menjadi 1-0.

Lima menit kemudian, The Gunners menggandakan keunggulan. Martinelli mencatatkan namanya di papan skor lewat tandukannya di depan gawang setelah menuntaskan umpan silan Leandro Trossard dari sisi kiri. Fulham tertinggal 0-2.

Arsenal hampir mencetak gol ketiga pada menit ke-35. Permainan apik Martin Odegaard, Granit Xhaka dan Leandro Trossard membongkar pertahanan Fulham.

Xhaka yang tinggal menghadapi kiper, tetapi kontrolnya masih berat hingga bola justru bergulir ke Bernd Leno.

Fulham hampir mencetak gol pada menit ke-40. Umpan Aaron Ramsdale dipotong oleh Andreas Pereira yang langsung melepaskan tembakan dari sudut sempit di kanan. Namun, bola masih melenceng tipis dari gawang Ramsdale.

Arsenal kembali mengancam pada menit ke-44. Umpan silang Ben White disambar Martinelli, tetapi sepakannya masih terlalu lemah sehingga bisa ditepis Leno.

Sebelum babak pertama berakhir, Arsenal mencetak gol ketiga mereka. Menerima umpan silang dari Trossard, Odegaard menusuk ke tengah kotak penalti dan memasukkan bola ke pojok kiri gawang. Babak pertama tuntas dengan skor 3-0.

Baca juga: Gol Reiss Nelson bantu Arsenal menang dramatis 3-2 atas Bournemouth

Selanjutnya: babak kedua

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023