Jakarta (ANTARA) - Sassuolo memenangi laga sengit kontra AS Roma dengan skor 4-3 pada pertandingan Liga Italia giornata ke-26 yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Senin dini hari WIB.

Kemenangan beruntun ketiga bagi Sassuolo tersebut membawa mereka menduduki posisi ke-13 klasemen sementara dengan 33 poin. Sedangkan bagi Roma, kekalahan itu membuat mereka tetap menghuni posisi kelima dengan 47 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Pada fase awal pertandingan, Georginio Wijnaldum melepaskan tembakan lurus ke arah kiper Andrea Consigli, sedangkan ancaman berikutnya dari Giallorossi dihadirkan melalui sepakan melambung Tammy Abraham.

Meski demikian, justru Sassuolo yang mampu membuka keunggulan melalui serangan nyata pertama mereka pada menit ke-13. Edoardo Bove tidak dapat mengendalikan operan Stephan El Shaarawy untuk memicu serangan balik Sassuolo. Chris Smalling kemudian mampu memblok sepakan Davide Frattesi, kemudian kiper Rui Patricio menepis sepakan Andrea Pinamonti, namun ia tidak mampu berbuat banyak untuk menahan sepakan Armand Lauriente yang menyambar bola pantul.

Sassuolo menggandakan keunggulan pada menit ke-18. Diawali keberhasilan Domenico Berardi mengecoh Leonardo Spinazzola dan memaksa Rui Patricio melakukan penyelamatan, bola kemudian digulirkan kepada Lauriente untuk dikonversi menjadi gol keduanya. 2-0 untuk tim tamu.

Roma memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-26. Spinazzola mengirimkan umpan silang kepada Nicola Zalewski, yang sepakan volinya mengejutkan kiper Andrea Consigli untuk masuk ke gawang Sassuolo.

Menjelang turun minum, tensi pertandingan meninggi. Berardi menyambar bola untuk memaksa kiper Rui Patricio melakukan penyelamatan di kotak penalti. Namun setelah itu Marash Kumbulla dengan sengaja menyepak Berardi yang masih belum berdiri.

Tindakan itu tertangkap kamera VAR, dan membuat wasit memberi kartu merah kepada Kumbulla, sekaligus menghadiahi penalti kepada Sassuolo. Eksekusi penalti diambil oleh Berardi yang sukses menjalankan tugasnya pada menit ke-49.

Babak pertama pun ditutup dengan skor 3-1 untuk keunggulan tim tamu.

Baca juga: Gol Gianluca Mancini menangkan AS Roma atas Juventus
Baca juga: Napoli semakin jauhi kejaran Inter setelah kalahkan Sassuolo 2-0


Selanjutnya: babak kedua

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023