Jakarta (ANTARA) - "Guillermo del Toro's Pinocchio" memenangkan penghargaan kategori film fitur animasi terbaik pada Academy Awards ke-95 yang berlangsung di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (12/3) waktu setempat.

Menurut laporan Reuters pada Senin, "Guillermo del Toro's Pinocchio" berhasil mengalahkan film populer lainnya seperti "Marcel the Shell With Shoes On" dari A24 dan "Turning Red" dari Walt Disney Co.

"Guillermo del Toro's Pinocchio" merupakan film fantasi musikal animasi stop-motion yang terinspirasi dari novel Italia tahun 1883 berjudul "The Adventures of Pinocchio" oleh Carlo Collodi, yang desainnya diambil dari buku bergambar karya Gris Grimly pada tahun 2002. 

Baca juga: "Pinocchio", sajian baru dari dongeng klasik si boneka kayu

Dalam film tersebut, Guillermo del Toro selaku sutradara menata kembali kisah klasik Pinocchio, boneka kayu yang bermimpi menjadi anak laki-laki sejati. Ia diasuh oleh pemahat bernama Geppetto. Film yang tayang di Netflix itu berlatar di Italia pada era fasisme selama periode antar perang dan perang dunia kedua.

Del Toro merupakan sutradara asal Meksiko yang telah memenangkan banyak penghargaan, di antaranya pada Oscar tahun 2018, dia menang kategori film terbaik dan sutradara terbaik untuk "The Shape of Water".

Baca juga: "Pinocchio" rilis cuplikan film perdana

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023