Ciwandan itu bukan pelabuhan alternatif untuk mudik tetapi pelabuhan yang digunakan bersama-sama saat pelaksanaan arus mudik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan, Banten, pada masa angkutan Lebaran 2023 untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak, Banten.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyatakan salah satu alasannya ialah tingginya prediksi pemudik pada Lebaran 2023 ini sebagaimana hasil survei dari Badan Kebijakan Transportasi (BKT).

"Dengan tingginya prediksi tingginya peningkatan arus mudik tahun ini yang surveinya cukup tinggi, maka harus ada langkah-langkah yang luar biasa dan manajemen mudik tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin," ujar Hendro saat konferensi pers "Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023" yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kakorlantas: Pelabuhan Ciwandan alternatif penyeberangan lebaran 2023

"Maka, salah satu upaya mengantisipasi itu, nanti kami akan menggunakan ini khusus penyeberangan, menggunakan Pelabuhan Ciwandan. Ciwandan itu bukan pelabuhan alternatif untuk mudik tetapi pelabuhan yang digunakan bersama-sama saat pelaksanaan arus mudik," lanjut dia.

Ia menjelaskan nantinya lintasan yang akan dilayani, yakni dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni disiapkan sebanyak 12 unit kapal roll-on/roll-off atau Ro-Ro dari lintas Merak-Bakauheni.

Kemudian, lintasan Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang, Bandarlampung disiapkan tiga kapal besar, satu dari PT Pelni dan dua dari PT ALP.

"Ciwandan nanti akan disiapkan 12 kapal Ro-Ro yang dari Ciwandan ke Bakauheni dan disiapkan tiga kapal besar yang melayani dari Ciwandan ke Panjang di Bandarlampung, yaitu satu dari Pelni dan dua dari PT ALP," kata Hendro.

Lebih lanjut, ia mengatakan pengoperasian Pelabuhan Ciwandan akan diprioritaskan untuk sepeda motor dan truk yang diperbolehkan beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2023.

"Dengan pembagian itu mudah-mudahan nanti di penyeberangan dapat terbagi dengan baik dan khusus untuk sepeda motor agar sepeda motor itu dapat terlayani dengan baik dan tidak campur dengan kendaraan-kendaraan lain maka sepeda motor nanti akan diarahkan melalui Pelabuhan Ciwandan dan truk-truk yang boleh beroperasi nanti juga diarahkan ke Ciwandan," tuturnya.

Namun, kata dia, tidak tertutup kemungkinan kendaraan-kendaraan lain bisa melalui Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Bakauheni maupun Pelabuhan Panjang.

"Tetapi yang lain juga bisa menggunakan Pelabuhan Ciwandan untuk pergerakan ke Bakauheni maupun ke kalau mau langsung ke Panjang, Bandarlampung juga bisa," ujar Hendro.

Baca juga: Pemerintah siapkan Pelabuhan Ciwandan urai kepadatan Merak

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023