Jakarta (ANTARA) - Tim putri Indonesia menjaga asa untuk lolos ke semifinal Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 setelah meraih kemenangan perdana pada babak penyisihan atas Hong Kong 2-0 (17-15, 12-19) di Pantai Nusa Dua, Bali, Selasa.

Kemenangan tersebut membuat Aina Deandra Putri dan kawan-kawan untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan dua poin, hasil dari satu kali menang dan dua kali kalah.

Sebelumnya, Indonesia menelan kekalahan dari Filipina dengan 2-1 (17-16, 12-14, 4-9) pada Sabtu (11/3). Satu hari setelahnya kembali kalah dari Vietnam dengan skor 2-0 (10-28, 10-18).

"Saya bersyukur timnas putri terus menunjukkan perkembangan dalam Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai kali ini. Dengan kemenangan lawan Hong Kong, saya berharap mampu meladeni tim Filipina untuk melangkah ke partai semifinal, " kata Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Tim putri masih punya kans lolos ke babak empat besar yang akan ditentukan melalui pertandingan melawan Filipina pada Rabu (15/3).

Baca juga: Indonesia punya modal jelang tampil di Kejuaraan Asia Bola Tangan 2023

Pelatih Indonesia Dwichandra juga memberikan acungan jempol untuk tim putri yang menyuguhkan permainan terbaiknya melawan Hong Kong. Semua itu diperlihatkan sejak gim pertama dengan unggul 17-15.

Memasuki gim kedua, tim putri yang bermaterikan Dhea Alfiona, Aina Deandra Putri, Ervina, Intan Dwi Wulandari, Angky Nathasa Mahadewi, Sri Nurlinda, Vera Nanda Safitri, Aldelina Kayla, Putri Aisyah Maharani, dan Putri Adelya tampil konsisten.

"Kerja keras mengandalkan kekompakan tim di tengah lapangan dapat memberikan kemenangan pada gim kedua dengan angka 12-9," kata Dwichandra.

Sementara Ervina mengatakan kemenangan kali ini sudah diprediksikan sebelumnya. Sebab, tim Hong Kong sebelumnya juga kalah telak saat melawan Vietnam dan Filipina.

"Melihat permainan Hong Kong sebelumnya kami optimistis dapat mengalahkan di babak penyisihan. Kendati begitu, kami harus tampil ekstra keras melawan Filipina untuk menuju ke semifinal nantinya, " kata Ervina.

Adapun posisi pertama pada klasemen sementara di tempati Vietnam yang tak terkalahkan dalam empat pertandingan sehingga mengemas poin sempurna 8 angka. Kemudian Filipina di bawahnya dengan empat poin hasil dari dua kemenangan dan dua kali kalah.

Baca juga: PB ABTI sambut negara peserta Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023
Baca juga: Tuan rumah raih kemenangan kedua di Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023