Depok (ANTARA) - Empat mahasiswa Universitas Indonesia (UI), perguruan tinggi yang bertransformasi dari universitas riset menjadi entrepreneur university, menciptakan kado unik Cubify yang berbasis elektronik.

Fauzan Al Farisi (Teknik Elektro 2018), Ahmad Nurhadiyan (Teknik Industri angkatan 2018), Rasha Lattifa (Teknik Elektro angkatan 2018), dan Proudhia Perkasa (Fakultas Farmasi angkatan 2018) memadukan bidang teknologi dan elektronik dalam merintis usaha berupa kado customized yang mereka beri nama Cubify.

"Saya suka membuat proyek do it yourself dengan teknologi dan selalu mendapat feedback positif dari teman-teman dan keluarga. Saya pikir, mengapa tidak mencoba membuat ini menjadi bisnis yang nyata," kata Fauzan Al Farisi di Kampus UI Depok, Selasa.

Cubify memungkinkan pelanggan untuk memesan kado yang personal, contohnya gantungan kunci kotak musik yang diprogram untuk memainkan lagu-lagu favorit dari pemesan. Kado tersebut dapat menampilkan foto, teks, atau logo melalui sebuah layar kecil, yang dibuat sesuai keinginan pemesan.

Baca juga: Mahasiswa arsitektur UI sabet penghargaan internasional dari Las Vegas

Baca juga: Kisah tiga ibu perjuangkan keadilan bagi mendiang anaknya


"Kami ingin memenuhi kebutuhan akan kado yang unik dan berkesan untuk pelanggan kami. Kado-kado elektronik ini tidak hanya indah secara visual, tetapi juga memberikan pengalaman personal yang unik dan tak terlupakan dengan teknologi yang terintegrasi," kata Rasha.

Dalam pengembangan Cubify, Fauzan dan rekan-rekannya mendapatkan dukungan dari Unit Wirausaha dan Inovasi Fakultas Teknik (FT) UI.

Unit yang dibentuk pada 2022 tersebut memfokuskan kegiatan pada pengembangan inovasi dan wirausaha bagi para mahasiswa, alumni, tenaga pengajar, maupun tenaga kependidikan. Dukungan diberikan dalam bentuk akses ke jaringan bisnis, mentoring, serta fasilitas pengembangan produk.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah percaya sivitas akademika FTUI memiliki kemampuan dan kreativitas untuk mengembangkan produk-produk yang inovatif. Melalui Unit Wirausaha dan Inovasi, FTUI akan terus memandu dan mengarahkan inovator entrepreneur Indonesia ke depan untuk menciptakan berbagai produk inovasi dan peluang bisnis.

"Kami ingin memberikan kualitas terbaik dan layanan yang baik kepada pelanggan kami. Kami berharap dapat berkembang dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," kata Proudhia.

Untuk saat ini, usaha yang dijalankan Fauzan dan tim masih dilakukan secara daring yang dapat dipesan melalui https://elgiftsid.carrd.co/ dan terbatas melayani area di sekitar Jabodetabek.

Namun pada pengembangan selanjutnya mereka akan memperluas jangkauan bisnis, bahkan berencana mengekspor Cubify. Beberapa bulan ke depan, Fauzan dan tim berharap dapat menambah variasi produk dan pilihan desain untuk meningkatkan daya tarik bisnisnya.*

Baca juga: Polda Metro undang keluarga mahasiswa UI terkait pencabutan tersangka

Baca juga: Saksi sebut lokasi kecelakaan mahasiswa UI sudah diaspal

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023