Guna memastikan bahwa seluruh penduduk menjadi peserta program jaminan sosial kesehatan, Kemenko PMK bersama BPJS Kesehatan dan kementerian/lembaga terkait akan menggencarkan Gerakan Pesiar
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan menggencarkan Gerakan Pesiar guna meningkatkan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Guna memastikan bahwa seluruh penduduk menjadi peserta program jaminan sosial kesehatan, Kemenko PMK bersama BPJS Kesehatan dan kementerian/lembaga terkait akan menggencarkan Gerakan Pesiar," kata Muhadjir Effendy pada acara Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada Pemerintah Daerah di Jakarta, Selasa.

Menko PMK menjelaskan Gerakan Pesiar adalah singkatan dari Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi yang bertujuan untuk menjangkau penduduk yang belum menjadi peserta Program JKN yang ada di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia.

"Petakan yaitu memetakan data penduduk, Sisir yaitu mengunjungi wilayah sesuai hasil pemetaan, Advokasi yaitu sosialisasi dengan melibatkan aparat desa/kelurahan kepada masyarakat, dan Registrasi yaitu pendaftaran hasil advokasi menjadi peserta JKN," katanya.

Dikatakannya selama tahun 2022 telah tercatat kunjungan peserta JKN ke fasilitas kesehatan mencapai 502,8 juta atau 1,4 juta kunjungan per hari.

Baca juga: Wapres apresiasi kerja keras Pemda dukung Program JKN

"Hal ini menunjukkan bahwa Program JKN telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia," katanya.

Menko Muhadjir menambahkan selama hampir 10 tahun program jaminan sosial kesehatan berjalan telah mencapai cakupan kepesertaan sebesar 252,17 juta jiwa atau 90,79 persen dari total penduduk.

"Namun pemerintah terus mendorong peningkatan cakupan jaminan kesehatan nasional sebesar 98 persen dari total penduduk Indonesia di tahun 2024," katanya.

Sementara itu dalam acara Penyerahan Penghargaan UHC, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada sejumlah pemda yang telah mendukung Program JKN-KIS sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya cakupan kesehatan semesta di Indonesia.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengajak pemerintah daerah yang telah mendapatkan penghargaan UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta untuk terus mempertahankan predikat yang diraih.

Pemda juga diharapkan memastikan kepesertaan JKN aktif bagi masyarakat di masing-masing wilayah serta bersama-sama memastikan peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN.

Baca juga: BPJS Kesehatan ajak pemda pertahankan predikat UHC

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023