Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta kepala daerah memfokuskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 pada sektor pertanian, peternakan dan infrastruktur.

"Sektor pangan menjadi yang utama, makanya saya ingin fokus program Musrenbang RKPD 2024 mendatang pada sektor pembangunan pertanian, peternakan, infrastruktur,"  kata Edy Rahmayadi,  dalam Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Pra Musrenbang) RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 Zona Pantai Barat di Sipirok, Tapanuli Selatan(Tapsel), Selasa.

Untuk itu, Edy berpesan kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah(OPD) agar merencanakan program kerja dengan baik karena kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan perlu ditopang dengan upaya memajukan perekonomian masyarakat.

“Ayo kita bergandengan tangan, jangan pesimistis, kita harus optimistis. Kita yakinkan mampu. Untuk ini, saya sering memarahi kepala dinas dalam mengejar program pembangunan. Sebab kalau ada kesalahan, yang salah itu bukan anak buahnya, tetapi kepala daerahnya," katanya.

 Bupati Tapsel, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu berharap Pemprov Sumut memberikan perhatian ekstra kepada daerahnya, sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari kabupaten/kota lain di Sumut.

Menurut Dolly, pertumbuhan ekonomi Tapsel membaik tahun 2022, tumbuh 4,78 persen, pengangguran terbuka 3,65 persen melampaui target RJMD 2024 yang sebesar 5,12 persen. Begitu juga dengan tingkat kemiskinan tahun 2022 sebesar 8,07 persen, melebihi target RJMD 2024 yang sebesar 8,40 persen.

"Perkembangan perekonomian kami cukup baik, karena itu kami harap Pak Gubernur memberikan perhatian lebih kepada Tapsel agar bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lain," ujar Dolly.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023