Saya pikir kita berakhir dengan puncak Fed yang lebih rendah daripada perkiraan seminggu yang lalu dan semuanya sama yang akan mengakibatkan dolar AS menjadi sedikit lebih lemah daripada seminggu yang lalu
Singapura (ANTARA) - Dolar menguat di sesi Asia pada Rabu sore, karena investor membatalkan taruhan pada penurunan suku bunga AS dan ketakutan akan krisis perbankan mereda - meskipun kenaikan suku bunga yang menjulang di Eropa membuat euro memiliki pijakan kuat.

Bank Sentral Eropa akan bertemu pada Kamis (16/3/2023) dan pasar memperkirakan kemungkinan kenaikan 50 basis poin, sikap yang lebih hawkish daripada yang diharapkan pedagang dari Federal Reserve AS minggu depan.

Euro menyentuh level tertinggi sebulan 1,0760 dolar di sesi Asia sebelum melayang kembali ke posisi datar di 1,0744 dolar. Di tempat lain, tekanan jual beberapa hari terakhir pada dolar mereda.

Dolar naik 0,4 persen menjadi 134,72 yen, bahkan saat pembicaraan upah menghasilkan kenaikan gaji terbesar dalam seperempat abad yang kemungkinan akan menekan pengaturan kebijakan moneter di Jepang.

Reli baru-baru ini di sterling Inggris, mata uang Skandinavia, dolar Australia dan dolar Selandia Baru juga tampaknya kehilangan tenaga - meskipun tanpa benar-benar mengembalikan kekuatan apa pun.

Saham perbankan melambung dan obligasi serta suku bunga berjangka telah mengembalikan sebagian dari keuntungan besar yang mereka catat setelah runtuhnya tiga bank AS dalam hitungan hari.

"Ketika semua debu hilang, saya pikir kita akan berakhir dengan dolar yang tidak cukup kuat dan aliran data mungkin akan kembali ke tengah panggung," kata ahli strategi Westpac Imre Speizer.

"Saya pikir kita berakhir dengan puncak Fed yang lebih rendah daripada perkiraan seminggu yang lalu dan semuanya sama yang akan mengakibatkan dolar AS menjadi sedikit lebih lemah daripada seminggu yang lalu." Suku bunga berjangka sekarang menyiratkan peluang 80 persen untuk kenaikan suku bunga AS 25 basis poin minggu depan.

Itu jauh lebih dovish daripada seminggu yang lalu ketika pasar memberi perkiraan peluang yang sama untuk kenaikan 50 basis poin, tetapi juga jauh lebih hawkish daripada sehari yang lalu ketika ketakutan akan krisis membuat pedagang menilai peluang 50 persen untuk bertahan dan pemotongan tajam di akhir tahun.

Harga konsumen AS juga meningkat dengan kuat pada Februari, menjaga tekanan pada pembuat kebijakan untuk mengatasi inflasi.

Sterling yang naik sekitar 1,0 persen selama seminggu, stabil di 1,2149 dolar. Dolar Selandia Baru merosot 0,4 persen menjadi 0,6210 dolar AS dan Aussie yang naik 1,5 persen sejauh minggu ini, datar di 0,6679 dolar AS karena investor menahan diri.

Bersama dengan pasar saham yang lebih stabil dan obligasi yang relatif tenang, pergerakan tersebut menunjukkan ketakutan langsung akan penularan di sistem perbankan AS telah berkurang menyusul kegagalan Silicon Valley Bank (SVB) minggu lalu. Namun, kinerja yang kuat minggu ini untuk mata uang safe-haven franc Swiss yang naik lebih dari 3,0 persen dalam lima hari, menunjukkan peningkatan tingkat kekhawatiran di pasar.

Indikator aktivitas ekonomi China beragam di sesi Asia, dengan kekuatan penjualan ritel meningkat tetapi investasi properti turun. Ini memberikan dorongan singkat untuk dolar Australia yang segera memudar. Yuan sedikit lebih rendah.

Baca juga: Dolar temukan pijakan di awal sesi Asia saat krisis perbankan reda
Baca juga: Dolar turun tipis ketika data inflasi AS timbulkan kebingungan Fed


Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023