Jakarta (ANTARA) - Lenovo resmi memperkenalkan seri terbaru ThinkPad yakni Z13 dan Z16 dengan tampilan baru dan menggunakan bahan-bahan daur ulang.

“Pada saat kita meluncurkan produk ini, kita memberikan fokus ke arah sustainability. Gimana cara kita mengurangi dampak produk kita terhadap lingkungan. Tapi tanpa mengorbankan fungsionalitas dari produk kita sendiri. Sebagai contohnya ThinkPad Z13 itu menggunakan vegan leather,” kata Commercial Notebook 4P + T1 Manager, Lenovo Indonesia, Benny Effendi saat dijumpai di Jakarta Pusat, Rabu.

Baca juga: Lenovo hadirkan "adik" ThinkPad bernama ThinkPhone by Motorola

Dengan menggunakan bahan daur ulang, produk diklaim tahan lama dan anti-noda. Produk menggunakan recycle aluminium sebesar 75 persen.

ThinkPad Z series dibangun dengan bahan aluminium daur ulang berwarna abu-abu arktik, hitam, dan juga ada yang hadir dengan material kulit vegan berwarna hitam yang bisa didaur ulang.

Upaya keberlanjutan ini meluas pada bentuk kemasan yang terbuat dari 100 persen bambu dan tebu yang bisa didaur ulang dan dapat dikomposkan, serta adaptor daya AC yang menggunakan 90 persen Post-Consumer Content (PCC).

Selebritas sekaligus aktivis lingkungan hidup Hamish Daud yang juga hadir dalam acara peluncuran Lenovo ThinkPad Z Series mengungkapkan bahwa dengan hadirnya produk seperti ini, masyarakat dapat semakin memahami konsep daur ulang.

So exciting to see Lenovo sudah ke arah situ (keberlanjutan) sekarang. Sustainable living, recycling, ini masih cukup baru untuk masyarakat. Beberapa tahun ini orang baru sadar dengan konsep recycling,” kata Hamish yang juga Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Co-Founder Octopus, aplikasi yang membantu masyarakat mengelola sampah.

“Dengan Lenovo bikin recycable ThinkPad dan items yang dapat dipakai seperti ini, aku rasa ini sebuah terobosan. Ini juga membantu untuk changing behavior. Nggak cuma jual produk, servis, kita juga mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku,” imbuhnya.

Baca juga: Lenovo rilis tiga ThinkPad X1

Tak hanya desain yang menggunakan daur ulang, ThinkPad Z13 dan Z16 juga didukung oleh the Next-Gen AMD Ryzen PRO Processors untuk mobile dan akan menampilkan prosesor keamanan Microsoft Pluton untuk keamanan yang kuat dari chip hingga cloud di PC Windows 11.

Prosesor keamanan Microsoft Pluton pun dirancang dan diperbarui oleh Microsoft dan memperkuat PC Windows 11 yang baru dengan perlindungan untuk identitas pengguna, data dan aplikasi.

Tak hanya itu, ThinkPad Z13 dan Z16 pun akan menjadi salah satu laptop pertama yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen PRO 6000 Series.

Di sektor keamanan, kedua laptop ini dilengkapi dengan fingerprint reader dan prosesor Discrete TPM 2.0 Microsoft Pluton yang akan memberikan pengguna keamanan maksimal. Dibuat berdasarkan pendekatan berlapis keamanan AMD PRO, AMD Ryzen 6000 Series adalah prosesor x86 pertama yang mengintegrasikan prosesor keamanan Microsoft Pluton untuk keamanan yang maksimal dari chip ke cloud pada PC Windows 11.

Prosesor Keamanan Microsoft Pluton dirancang dan diupdate oleh Microsoft. Prosesor ini akan memperkuat PC Windows 11 baru dengan perlindungan untuk identitas pengguna, data, dan aplikasi.

Selain itu, Lenovo dan AMD telah berkolaborasi untuk menghadirkan desain platform yang mutakhir, merampingkan semua aspek sistem dari silikon hingga perangkat keras dan perangkat lunak.

ThinkPad Z13, ditenagai oleh prosesor eksklusif AMD Ryzen 7 PRO 6860Z. Prosesor ini dioptimalkan untuk menghadirkan kinerja audio dan video yang mulus dan berkualitas, memaksimalkan respon, dan memberikan daya tahan baterai yang luar biasa saat menggunakan aplikasi seperti Teams dan Zoom.

Sementara itu, ThinkPad Z16 juga bisa dikonfigurasikan dengan AMD Radeon RX6500M yang baru dengan teknologi pintar AMD yang akan meningkatkan produktivitas, cocok untuk pembuat konten, dan untuk bermain game.

Ketika dipasangkan dengan prosesor Ryzen, AMD SmartShift Max akan menawarkan peningkatan daya untuk CPU dan GPU, dan SmartShift Eco dirancang untuk memaksimalkan efisiensi baterai.

ThinkPad Z16 dilengkapi dengan memori RAM hingga 32GB dan kapasitas penyimpanan hingga 2TB SSD. Sedangkan untuk ThinkPad Z13 sendiri, laptop ini akan dilengkapi dengan memori RAM hingga 32GB dan kapasitas pemyimpanan hingga 1TB SSD.

Kedua laptop ini sudah tersedia dengan Lenovo ThinkPad Z13 yang dijual dengan harga mulai dari IDR 38.845.000 serta Lenovo ThinkPad Z16 yang dibanderol mulai dari Rp43.740.00.


Baca juga: Lenovo ThinkPad P14s dan P15s segera hadir di Indonesia

Baca juga: Lenovo hadirkan ThinkPad P1 untuk profesional

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023