Bapak dan ibu transmigran ini adalah pejuang. Mereka rela meninggalkan kampung halaman untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Jadi, keberadaan mereka perlu kita dukung
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyerahkan sebanyak 11.473 sertifikat hak milik (SHM) tanah bagi warga transmigran di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saya ucapkan selamat kepada bapak ibu transmigran yang sudah menerima sertifikat SHM," ujar Muhaimin dalam acara penyerahan SHM tanah itu di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Ia berharap penyerahan sertifikat tersebut dapat membuat warga transmigran di Kalsel mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Muhaimin pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan penyerahan sertifikasi tanah kepada transmigran.

Ia menilai warga transmigran memang perlu mendapatkan perhatian dari semua sektor.

Baca juga: Muhaimin santuni ribuan santri yatim piatu di Tanah Bumbu

"Bapak dan ibu transmigran ini adalah pejuang. Mereka rela meninggalkan kampung halaman untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Jadi, keberadaan mereka perlu kita dukung, termasuk infrastruktur sarana dan prasarana, kemudian aksesnya," kata dia.

Dia menambahkan transmigrasi dan pembangunan desa adalah satu kesatuan yang akan menjadi prioritas dalam mempercepat pembangunan nasional.

“Pembangunan nasional akan cepat kalau desa tumbuh berkembang dengan cepat,” ucap dia.

Selain penyerahan sertifikat, dalam kesempatan itu, digelar pula dialog dengan beberapa tokoh masyarakat, rukun tetangga (RT) di Tanah Bumbu, dan para pemangku adat Dayak.

Dalam dialog itu, Dani selaku perwakilan masyarakat adat perkumpulan Dayak Meratus meminta Muhaimin untuk memperjuangkan RUU tentang Masyarakat Desa.

Baca juga: Muhaimin ajak perjuangkan kesetaraan dan hak perempuan

"Saya mohon Gus Muhaimin membantu kami memperjuangkan RUU Masyarakat Adat. Saya tidak tahu kenapa undang-undang itu sampai sekarang belum disahkan, padahal itu sangat kami harapkan," kata Dani.

Berikutnya, Amirudin selaku perwakilan masyarakat transmigrasi nelayan di Desa Angsa, Tanah Bumbu, mendorong Muhaimin untuk memperjuangkan keberadaan dermaga di wilayah itu.

"Kondisi di tempat saya, di desa Angsana itu sering tertimbun pasir. Akibatnya, banyak kapal nelayan yang karam, Gus. Jadi, saya mohon Gus Muhaimin memperjuangkan dermaga di daerah kami. Soal infrastruktur juga Gus, akses jalan ke daerah kami rusak," ucapnya.

Selain Muhaimin, dalam kesempatan itu hadir pula Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar beserta jajarannya, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, dan anggota DPR RI Hasanuddin Wahid serta Heru Widodo.

Baca juga: Muhaimin minta Pemerintah beri keringanan PNBP bagi nelayan
Baca juga: Muhaimin dorong perbanyak pembangunan sarana dan prasarana pendidikan

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023