Jakarta (ANTARA) - Real Madrid menang 1-0 atas Liverpool pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis dini hari WIB untuk membawa mereka melaju ke perempat final dengan agregat 6-2.

Satu-satunya gol dalam pertandingan itu dicetak oleh Karim Benzema, yang semakin membuat Madrid semakin nyaman menyusul kemenangan 5-2  di Anfield pada leg pertama, demikian catatan laman resmi UEFA.

Liverpool berupaya menggebrak di awal laga. Peluang pertama mereka terjadi pada menit ke-6 ketika Mohamed Salah lolos dari penjagaan Antonio Rudiger sebelum memberikan bola ke Darwin Nunez, yang tendangannya masih bisa digagalkan kaki kiper Thibaut Courtois.

Madrid menciptakan peluang pada menit ke-13. Serangan balik tim tuan rumah dituntaskan dengan tendangan Vinicius di depan gawang yang masih bisa dihentikan oleh Alisson.

Kedua tim saling balas menyerang dalam kurun waktu semenit. Liverpool mengancam pada menit ke-17. Umpan Salah coba disambar Diogo Jota dengan tendangan voli, tetapi meleset.

Beberapa saat kemudian, Eduardo Camavinga melakukan percobaan dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis Alisson sebelum bola menghantam mistar gawang.

Pada menit ke-21. Giliran Luka Modric yang mengancam gawang Liverpool lewat tendangan dari depan kotak penalti yang masih meluncur tipis di atas gawang.

Kali ini giliran Thibaut Courtois yang beraksi saat menggagalkan dua peluang dari Nunez pada menit ke-30 dan 32.

Tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Baca juga: Haaland cetak lima gol, Manchester City maju ke perempat final

Tempo permainan tidak berubah di babak kedua. Madrid memiliki peluang bagus pada menit ke-54. Federico Valverde lolos dari penjagaan pemain Liverpool dan tinggal menghadapi Alisson, tetapi tendangannya masih bisa digagalkan oleh kiper asal Brasil itu.

Bola tepisan Alisson masih dikuasai Valverde yang kemudian mengoper bola ke Benzema di kotak penalti. Namun, tendangan penyerang Prancis itu masih mengarah tepat ke pelukan kiper Liverpool itu.

Liverpool mencoba terus menyerang tim tuan rumah, tetapi Madrid bertahan dengan baik dan mengancam lewat serangan cepat.

Madrid pada akhirnya mencetak gol pada menit ke-78. Virgil van Dijk menutup ruang Benzema dan bola terlepas ke arah Vinicius. Pemain Brasil itu kemudian menyodorkan bola kembali ke Benzema yang tinggal mencocor bola ke gawang Alisson. Skor menjadi 1-0.

Karim Benzema terlihat kesakitan saat melakukan selebrasi, dia kemudian diganti oleh Rodrygo.

Liverpool terus menguasai bola di sisa pertandingan, tetapi tidak bisa memberikan ancaman berarti untuk Madrid. Skor tak berubah hingga pertandingan usai.

Susunan pemain
Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal (Lucas Vazquez 86'), Eder Militao, Antonio Rudiger, Nacho; Luka Modric (Dani Ceballos 82'), Eduardo Camavinga, Toni Kroos (Aurelien Tchouameni 84'); Federico Valverde, Karim Benzema (Rodrygo 82'), Vinicius Junior (Marco Asensio 84')

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Kostas Tsimikas 92'); James Milner (Alex Oxlade-Chamberlain 73'), Fabinho; Mohamed Salah, Cody Gakpo (Fabio Carvalho 92'), Diogo Jota (Harvey Elliott 57'); Darwin Nunez (Roberto Firmino 57')

Baca juga: Tahan imbang Porto 0-0, Inter Milan amankan tiket ke perempat final

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023