Jakarta (ANTARA) - Facial wajah sebaiknya dilakukan tiga pekan sekali, mengingat sel-sel kulit beregenerasi setiap 14-28 hari, kata dr Mada Patabang, penanggungjawab Derma9 Klinik Kecantikan Bekasi.

"Perawatan wajah secara rutin sangat berguna untuk membersihkan komedo dan jerawat, mengangkat sel kulit mati dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit," kata dia dalam keterangannya pada Kamis.

Mada mencontohkan facial seperti yang dilakukan di Derma9 Klinik Kecantikan Bekasi akan dilakukan dengan beberapa tahapan agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Mengadopsi tradisi luluran untuk kulit wajah sehat

"Tahapan itu adalah deep cleansing, melembutkan kulit, eksfoliasi, cabut komedo, masker, toner. Tahapan ini untuk memastikan agar sel-sel kulit mati terangkat dan kulit wajah menjadi lebih cerah."

Dia menambahkan, semua orang sebenarnya bisa melakukan facial sendiri di rumah.

"Tetapi hanya terbatas pembersihan wajah dan scrubbing, tanpa adanya ekstraksi komedo," jelas dia.

Hal ini karena ekstraksi komedo harus dilakukan oleh beautician profesional di klinik kecantikan yang terlatih dan tersertifikasi.

"Ekstraksi komedo yang dilakukan tanpa tenaga profesional dapat menyebabkan memburuknya kondisi kulit Anda di kemudian hari," maya Mada.

Oleh sebab itu, facial wajah sebaiknya dilakukan di klinik kecantikan yang dikelola oleh dokter profesional dan berpengalaman, kata dia.

Ditambahkannya pula perawatan kulit tidak hanya facial. Kulit pada usia tertentu perlu dirawat dengan cara perawatan antiaging yang bisa membuat kelihatan kulit terlihat muda dan bisa dilengkapi dengan skin booster, face contour, yang hasilnya akan membuat kulit lebih sehat.

Baca juga: Inovasi "facial triple deep cleansing" untuk kulit wajah kinclong

Baca juga: Dermies rilis "micellar cleansing gel" dengan kandungan "skincare"

Baca juga: Pembersih muka dengan kandungan emas 24K

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023