program polisi RW ini dibentuk agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan masukan secara langsung kepada petugas polisi
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat menugaskan polisi RW untuk memantau dan menjaga permukiman warga agar jauh dari aksi kriminal.

"Hari ini kita terjunkan sebanyak 587 personel gabungan yang ditugaskan sebagai Polisi RW," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Muhammad Syahduddi, saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Syahduddi mengatakan program polisi RW ini dibentuk agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan masukan secara langsung kepada petugas polisi.

Nantinya, sebanyak 587 petugas polisi gabungan Polres Metro Jakarta Barat dan Polda Metro Jaya akan ditempatkan di setiap RW yang ada di Jakarta Barat.

Mereka akan bersinergi dengan petugas Bhabinkamtibmas yang ada di kelurahan dan kecamatan dalam melakukan pengamanan warga.

Tidak hanya itu, keberadaan mereka juga akan memudahkan warga untuk melaporkan peristiwa kriminal yang ada di wilayah.

Dengan demikian, penanganan kasus kriminal di wilayah bisa dilakukan dengan cepat oleh petugas polres atau polsek setempat.

"Diharapkan juga semakin mempersempit ruang pelaku kejahatan," kata dia.

Syahduddi juga tidak lupa mengingat kepada anggota yang bertugas di setiap RW untuk sigap dan cekatan dalam menerima laporan warga.

Seluruh keluhan dan masukan masyarakat tentang aksi kriminal di wilayah juga harus ditindaklanjuti demi memberikan rasa aman.
Baca juga: Lemkapi nilai Polisi RW percepat respon permasalahan masyarakat
Baca juga: Polda Metro Jaya tempatkan polisi di tiap RW untuk tingkatkan keamanan
Baca juga: Polda Metro Jaya imbau Polisi RW beri rasa aman kepada masyarakat

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023