Jakarta (ANTARA) - NBA memberikan sanksi berupa skors kepada guard Memphis Grizzlies Ja Morant karena dugaan kepemilikan senjata api yang ditemukan di sebuah video saat dia berpesta dan mabuk di klub malam.

Dikutip dari AFP, Kamis, Morant mengatakan dirinya merasa "baik secara mental" dan menerima hukuman tersebut atas kesalahannya.

"Saya merasa pantas menerima hukuman itu atas kesalahan saya dan atas apa yang telah saya lakukan," kata Morant.

Baca juga: Kyrie Irving sebut akan fokus pada pemulihan cedera kaki

Di sisi lain, NBA mengatakan Morant diskors untuk beberapa pertandingan karena perilakunya dinilai buruk dan merugikan nama baik liga. Morant telah melewatkan pertandingan keenamnya pada Rabu (15/3) waktu setempat setelah menjalani konseling dan terapi.

Ia nantinya harus memenuhi sejumlah syarat untuk kembali pada pekan depan di laga Memphis melawan Dallas Mavericks. Namun, Morant mengaku membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum kembali berlaga di NBA.

Sebelumnya, hukuman dari NBA itu datang setelah penyelidikan liga atas insiden pada 4 Maret di klub yang terletak di wilayah Denver. Morant kemudian bertemu dengan Komisaris NBA Adam Silver dua hari setelahnya untuk membicarakan temuan tersebut.

"Perilaku Ja tidak bertanggung jawab, sembrono, dan berpotensi sangat berbahaya. Itu juga memiliki konsekuensi serius mengingat pengikut dan pengaruhnya yang sangat besar, terutama di kalangan penggemar muda yang mengaguminya," kata Silver.

"Dia telah menyatakan penyesalan yang tulus atas perilakunya. Ja juga telah menjelaskan kepada saya bahwa dia telah belajar dari insiden ini dan bahwa dia memahami kewajiban dan tanggung jawabnya kepada Memphis Grizzlies dan komunitas NBA yang lebih luas," imbuhnya.

Baca juga: Ringkasan NBA: Bucks amankan tempat di babak playoff

Baru-baru ini, penyelidikan NBA tidak menemukan senjata api yang terlihat adalah benar milik Morant.

Morant tidak memiliki senjata saat bepergian dengan tim atau di fasilitas NBA mana pun, dan otoritas Colorado tidak menemukan alasan yang cukup untuk menuntutnya melakukan kejahatan.

Lebih lanjut, Morant tidak mengungkapkan siapa pemilik senjata yang terlibat dalam insiden itu atau bagaimana dia bisa memegangnya.

"Saya bertanggung jawab penuh atas tindakan saya. Di masa depan, saya akan menunjukkan kepada semua orang siapa Ja sebenarnya, dan mengubah narasi ini," pungkas Morant.

Baca juga: Lakers melompat ke posisi 9 usai kalahkan Pelicans 123-108

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023