Sebanyak 83 calon jamaah haji ini berasal dari tiga kabupaten yakni 76 orang dari Kabupaten Sorong, 5 orang dari Kabupaten Tambrauw dan 2 orang dari Kabupaten Maybrat
Sorong, Papua Barat (ANTARA) - Sebanyak 83 calon jamaah haji (CJH) dari tiga kabupaten di Provinsi Papua Barat Daya (PBD) mengikuti bimbingan manasik haji sebagai persiapan untuk mengikuti ibadah haji pada musim haji 2023, Kamis (16/3 di Sorong).

"Sebanyak 83 calon jamaah haji ini berasal dari tiga kabupaten yakni 76 orang dari Kabupaten Sorong, 5 orang dari Kabupaten Tambrauw dan 2 orang dari Kabupaten Maybrat," kata Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Moso melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Kabupaten Sorong Luther Salamala di Sorong, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan manasik haji bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji bagi calon jamaah.
 
“Tujuannya adalah agar para calon jamaah haji bisa memperoleh pengetahuan tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya,” kata Luther Salamala.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sorong Adris Sani, menjelaskan, bahwa untuk kegiatan manasik ini baru pertama diikuti oleh 3 kabupaten, yakni Kabupaten Sorong, Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw.
 
"Dari 6 kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat, yang ikut hanya tiga kabupaten saja," jelas Kemenag Kabupaten Sorong.
 
Menurutnya, manasik haji sangat penting diikuti setiap peserta calon jemaah haji sehingga mereka memiliki pemahaman terkait bagaimana menjalankan ibadah haji nantinya.
 
"Pembekalan ini tentunya tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib diikuti setiap calon jemaah, dan ini merupakan bekal kita di Tanah Suci dalam menjalankan rangkaian ibadah haji," demikian Adris Sani.

Baca juga: Kementerian: Kuota haji Papua Barat dan Papua Barat Daya 723 orang

Baca juga: Paulus Waterpauw menitipkan 332 calon haji Papua Barat di Asrama Sudiang

Baca juga: Kementerian Agama membangun asrama haji transit Papua Barat

Baca juga: Diduga kelelahan, seorang calhaj Papua Barat meninggal di Mekkah

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023