Dengan penataan ini sekaligus mengamankan aset agar tidak digunakan oleh pihak-pihak di luar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggubah lahan kosong 1.839 meter persegi menjadi kebun tanaman obat keluarga (toga) dan buah-buahan di Perumahan Permata Puri Media, RT 07/01, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan.

"Ini merupakan gagasan baik dari Lurah Kembangan Utara sebab dulunya lahan kosong sekarang jadi hijau dengan banyak pohon produktif dan pohon hias yang tertata rapi," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah di Jakarta, Kamis.

Iin menjelaskan pembenahan lahan tersebut merupakan bagian dari kegiatan penataan kawasan yang dilakukan jajaran Pemkot Jakbar sejak akhir 2022.

Pemkot Jakbar sengaja memberdayakan lahan tersebut lantaran merupakan bagian dari aset  DKI Jakarta.

Dengan penataan ini sekaligus mengamankan aset agar tidak digunakan oleh pihak-pihak di luar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Di lahan tersebut, lanjut Iin, telah ditanami 289 tanaman produktif seperti jambu air, jambu klutuk, jambu jamaika, sirsak, rambutan, mangga dan lain sebagainya. Kemudian pihaknya juga menanam  toga dan tanaman hias.

Tanaman tersebut nantinya bisa dikelola oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan warga sekitar.

Hasilnya pun bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat sekitar. Dengan adanya kebun tersebut, dia berharap masyarakat bisa menikmati hasil tani dengan maksimal.
Baca juga: Wali Kota Jakbar apresiasi tiga kelurahan raih terbaik tata kawasan
Baca juga: Pemkot Jakbar pastikan program penataan kawasan selesai akhir 2022
Baca juga: Pemkot Jakbar sebut penataan kawasan Palmerah capai 90 persen

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023