Saham China dan Hong Kong melebarkan kerugian mereka pada Kamis.
Hong Kong (ANTARA) - Saham China dan Hong Kong melebarkan kerugian mereka pada Kamis, dibebani oleh saham energi baru dan minyak, karena langkah regulator Swiss yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menjanjikan bantuan likuiditas kepada pemberi pinjaman utama Credit Suisse memicu kekhawatiran krisis perbankan.

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 berakhir merosot 1,2 persen ke level terendah sejak 4 Januari, sementara Indeks Komposit Shanghai ditutup dengan kehilangan 1,12 persen.

Indeks acuan Hang Seng di Hong Kong tergelincir 1,72 persen ke level terendah sejak 21 Desember 2022 pada penutupan perdagangan, sementara Indeks Hang Seng China Enterprises terpangkas 1,18 persen.

Saham Asia meluncur turun pada Kamis setelah Credit Suisse mengatakan akan meminjam hingga 54 miliar dolar AS dari Bank Sentral Swiss untuk menopang likuiditasnya setelah kemerosotan sahamnya meningkatkan kekhawatiran tentang krisis keuangan global.

Ini adalah dampak terbaru sejak kematian Silicon Valley Bank minggu lalu yang membuat pasar gelisah menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) di kemudian hari.

"Pertemuan ECB akan menarik, karena ini akan menjadi bank sentral pertama yang memberikan komentar sejak kegagalan Silicon Valley Bank. Pasar mengharapkan pemotongan 50 basis poin, tetapi sekarang (itu) meguap di udara," kata Alvin Tan, kepala strategi mata uang Asia di RBC Capital Markets.

Di China, harga rumah baru naik pada laju tercepat sejak Juli 2021, menguat 0,3 persen bulan ke bulan pada Februari dari kenaikan 0,1 persen pada Januari.

Hal itu menambah data investasi aset tetap dan penjualan ritel yang positif. "Rebound konsumsi yang sedang berlangsung dan peningkatan pertumbuhan investasi mengirimkan tanda-tanda yang menggembirakan bahwa ekonomi China menguat," kata analis Bank of America dalam sebuah catatan penelitian.

Di Hong Kong, Baidu Inc. memimpin penurunan, anjlok 6,36 persen. Saham minyak juga membebani indeks saham unggulan karena CNOOC tergelincir 4,91 persen.

Di China, Indeks Batu Bara CSI SWS jatuh 3,39 persen dan saham energi baru yang dilacak oleh Indeks Industri Fotovoltaik CSI terpuruk 4,69 persen.
Baca juga: Saham China dan Hong Kong ditutup turun karena pemulihan ekonomi lemah
Baca juga: Saham China & Hong Kong jatuh, ketakutan penularan SVB berlarut-larut

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023