Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggandeng pusat perbelanjaan untuk mempromosikan produk kerajinan tangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) anggota Dewan Kerajinan Tangan Daerah (Dekranasda) setempat.

"Kita bekerjasama dengan pengelola mal. Ada tujuh mal yang memang akan kita ajak untuk berkolaborasi," kata Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Jakarta Barat, Imron saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis.

Beberapa mal yang diajak kerja sama seperti Central Park, Taman Anggrek, Ciputra, Puri Mall, dan Lippo Mall.

Imron mengatakan, kerja sama itu dilakukan demi memperluas pasar hasil kerajinan tangan sehingga produknya semakin dikenal.

Baca juga: Pemkot Jakbar gandeng BUMD dan universitas untuk bina UMKM
Baca juga: Pemkot Jakbar tetapkan tujuh tahap pembinaan UMKM

Para pelaku UMKM akan diberi kesempatan untuk menjajakan produknya seperti batik, kalung, gelang dan pernak-pernik lain di dalam mal. Mereka akan diberi kesempatan berdagang di mal dalam kurun waktu dua minggu.

Imron menilai kerja sama ini tidak hanya menguntungkan para pelaku UMKM semata, tetapi juga dapat meningkatkan kunjungan para wisatawan ke mal.

Tidak hanya mal, pihaknya juga akan menggandeng kawasan wisata Kota Tua untuk untuk membantu pemasaran produk UMKM tersebut.

"Kan pihak Dekranasda ingin di lapangan terbuka, nah kita ada kawasan Kota Tua yang bisa dipakai. Jadi kita kerja sama dengan pengelola Kota Tua," kata dia.

Pihaknya tengah membahas secara rinci terkait teknis penempatan gerai dan proses penjualan produk. Dia memperkirakan kegiatan tersebut digelar bulan ini.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023