mendorong peningkatan investasi di bidang industri kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan siap mendukung upaya pemerintah dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik untuk mewujudkan ketahanan kesehatan Indonesia.

"Kadin siap mendukung upaya pemerintah dan mendorong sektor swasta serta industri agar dapat berperan maksimal dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik, untuk mewujudkan ketahanan kesehatan Indonesia," kata Arsjad Rasjid dalam acara "Forum Industri tentang RUU Kesehatan", di Jakarta, Kamis.

Arsjad Rasjid mengatakan bahwa sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas Kadin sepanjang 2021-2026, melalui penguatan pilar "Pemulihan Kesehatan dan Pengembangan Industri Kesehatan Nasional".

Baca juga: Teknologi pengurutan genom akan ubah industri kesehatan masa depan
Baca juga: Bio Farma upayakan industri pelayanan kesehatan naik kelas

Menurut dia, untuk mempercepat transformasi kesehatan nasional, diperlukan kolaborasi pelaku industri dan pemerintah.

"Khususnya dalam mendorong peningkatan investasi di bidang industri kesehatan, baik itu sektor pelayanan kesehatan, alat kesehatan, obat-obatan, hingga riset dan pengembangan agar akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau semakin baik," kata Arsjad Rasjid.

Arsjad mengatakan pihaknya sangat menyambut baik RUU Kesehatan yang menjadi inisiatif DPR RI dan telah masuk dalam program legislatif nasional (Prolegnas) tahun 2023.

Untuk itu, Kadin mengadakan acara diskusi bertajuk Forum Industri RUU Kesehatan untuk menjembatani dialog konstruktif antara pelaku industri sektor kesehatan Tanah Air dengan pemerintah dan regulator, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadirkan RUU Kesehatan bagi industri kesehatan.

Baca juga: Kemenkes: Industri farmasi punya kewajiban penuhi standar mutu
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023