Jakarta (ANTARA) - Team WRT 31 melalui salah satu pebalapnya Robin Frinjs akan start dari posisi ketiga setelah meraih posisi ketiga pada babak kualifikasi kelas Le Mans Prototype 2 (LMP2) FIA World Endurance Chamionship (FIAWEC) di Sirkuit Sebring, AS, Kamis waktu setempat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, Frinjs mencatatkan waktu 1:50.155 saat kualifikasi. Kualifikasi kali ini mengusung model baru dengan tiga kelas digelar terpisah masing-masing berdurasi 15 menit, sehingga perebutan posisi start terasa dramatis karena persaingan ketat.

Kualifikasi LMP2 digelar di bagian tengah, setelah GTE Am dan sebelum Hypercar. Para pebalap menghabiskan menit-menit awal untuk memanaskan ban secara langsung di trek menyusul kebijakan larangan penggunaan selimut pemanas ban pada tahun ini.

Ketika ban masing-masing tim telah panas, lap time cepat pun hadir silih berganti. Pada akhirnya pebalap Oliver Jarvis dari tim United Autosports USA #23 menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1:49.974.

Lap time di kelas LMP2 tahun ini jauh lebih lambat dibanding tahun lalu, ketika pole position time 2022 adalah 1:49.014. Hal itu dikarenakan regulasi baru yang mengharuskan power mobil dikurangi 13 tenaga kuda dan rpm dipangkas 500 rpm dibanding 2022.

Bagi WRT 31, start dari posisi tiga dengan selisih 0,181 detik dari waktu tercepat merupakan pencapaian terbaik mereka selama di Sebring sehingga membuka kesempatan lebar untuk meraih podium.

Hasil lomba tahun lalu menempatkan WRT 31 di posisi runner-up di bawah United #23 setelah melewati balapan yang dihentikan karena badai.

Di kelas Hypercar, ada fenomena menarik ketika tim pendatang baru Ferrari berhasil mengalahkan tim langganan juara Toyota di babak kualifikasi. Antonio Fuoco dari tim Ferrari AF Corse #50 mengalahkan Brendon Hartley dari tim Toyota Gazoo Racing #8.

Keberhasilan tersebut membuat putaran pertama FIAWEC, 1000 Miles of Sebring, menarik untuk dinantikan karena keseruan tidak hanya datang dari kelas LMP2, tetapi juga Hypercar yang merupakan kelas utama dan dalam beberapa tahun terakhir didominasi Toyota.

Race 1000 Miles of Sebring -- dengan durasi sekitar delapan jam -- disiarkan langsung oleh kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com, Jumat, dengan start pukul 23.00 WIB.

Berikut hasil kualifikasi LMP2
1. Oliver Jarvis (United Autosports 23) 1:49.974
2. Pietro Fittipaldi (JOTA 28) +0.093
3. Robin Frinjs (WRT 31) +0.181

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023