Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa memperpanjang pemulihan untuk sesi kedua berturut-turut pada awal perdagangan Jumat, karena langkah-langkah dukungan bagi bank-bank di Amerika Serikat dan Eropa meredakan kekhawatiran tentang keruntuhan yang akan segera terjadi, tetapi indeks bersiap untuk mencatat penurunan mingguan kedua berturut-turut.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,8 persen pada pukul 08.05 GMT, karena ekuitas bank naik 1,3 persen, setelah penyelamatan 30 miliar dolar AS oleh bank-bank besar AS untuk pemberi pinjaman yang kesulitan First Republic Bank.

Paket bantuan itu datang kurang dari sehari setelah bank Swiss, Credit Suisse mendapatkan pinjaman darurat dari bank sentral Swiss hingga 54 miliar dolar AS untuk menopang likuiditasnya.

Credit Suisse naik 1,8 persen di awal perdagangan, setelah melonjak 19 persen sehari sebelumnya.

Indeks pemberi pinjaman Spanyol dan Italia masing-masing naik 0,7 persen dan 1,0 persen, tetapi masih di jalur untuk penurunan tajam mingguan.

Secara keseluruhan, indeks STOXX 600 berakhir pada Kamis (16/3/2023) 1,2 persen lebih tinggi setelah beberapa kali naik turun karena penyelamatan Credit Suisse mengimbangi kekhawatiran seputar kenaikan suku bunga 50 basis poin yang besar oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

Keputusan ECB mencerminkan prioritas bank sentral untuk melawan inflasi dan juga menandakan kepercayaan yang kuat pada soliditas bank-bank Eropa, kata pembuat kebijakan ECB Prancis, Francois Villeroy de Galhau.

Goldman Sachs menurunkan estimasi kenaikan suku bunga oleh ECB pada Mei menjadi 25 basis poin.

Baca juga: Wall St ditutup menguat, penyelamatan First Republic bantu angkat bank
Baca juga: Penyelamatan bank angkat mata uang berisiko di Asia, dolar melemah
Baca juga: Minyak naik dipicu harapan permintaan saat ketakutan krisis bank reda

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023