Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris naik pada pembukaan perdagangan Jumat, didorong penguatan ekuitas bank ketika langkah-langkah dukungan meredakan kekhawatiran krisis perbankan global, dan saham terkait komoditas mengikuti harga-harga komoditas yang lebih tinggi.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang fokus ke pasar luar negeri terkerek 1,1 persen pada pukul 08.15 GMT, memperpanjang kenaikan setelah menguat hampir 1,0 persen di sesi sebelumnya.

Ketakutan akan krisis perbankan global mulai mereda setelah bank-bank besar AS menawarkan bantuan sebesar 30 miliar dolar AS untuk First Republic Bank yang kesulitan likuiditas. Bank-bank Inggris melonjak 1,4 persen.

Penambang logam industri memimpin kenaikan awal, melonjak 3,3 persen karena sebagian besar harga-harga logam dasar menguat.

Saham energi juga melonjak 3,5 persen, karena perusahaan besar Shell dan BP masing-masing meningkat 3,3 persen dan 3,9 persen, mengikuti harga minyak yang lebih tinggi.

Harga minyak mentah menguat setelah pertemuan antara Arab Saudi dan Rusia menenangkan pasar di tengah ekspektasi permintaan China yang kuat.

Indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcaps FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri terdongkrak 0,5 persen, didorong Bodycote yang melambung 6,4 persen setelah penyedia layanan pemrosesan termal itu melaporkan pendapatan setahun penuh yang lebih tinggi.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat karena gejolak perbankan mereda
Baca juga: Wall St ditutup menguat, penyelamatan First Republic bantu angkat bank
Baca juga: Rupiah meningkat di tengah naiknya imbal hasil obligasi AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023