Jalan alternatif ini diharapkan mampu mengurangi beban kemacetan pengunjung Kawasan Puncak yang ingin berlibur
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Taman Safari Indonesia (TSI) turut andil dalam pelebaran dan pengaspalan jalan alternatif di Kawasan Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cisarua, melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kami melakukan pemeriksaan jalan alternatif dalam rangka survei penelitian serah terima Barang Milik Negara (BMN) Jalan Irigasi dan Jaringan untuk masyarakat Citeko dan Cisarua," kata Head of Legal TSI Bogor, Ambar Suprihati dalam keterangannya di Bogor, Jumat.

Menurutnya, untuk merealisasikan program CSR tersebut, TSI dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dalam pelaksanaannya.

“Pengaspalan jalan yang dilakukan Kementerian PUPR tersebut sepanjang kurang lebih 4 kilometer. Adapun dari panjang jalan tersebut sebagian adalah lahan yang merupakan KSO TSI dengan PTPN VIII Kebun Gunung Mas, seluas 1,43 hektare,” paparnya.

Pihaknya bersama Tim Satuan Kerja dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR didampingi perwakilan Muspika Cisarua berikut jajaran pemdes melakukan peninjauan jalan alternatif.

Baca juga: Pemkab Bogor beri Taman Safari Piala Panca Karsa Pariwisata

Baca juga: Singa tabrak mobil, Sandi minta wisatawan pahami perilaku hewan


"Jalan alternatif ini diharapkan mampu mengurangi beban kemacetan pengunjung Kawasan Puncak yang ingin berlibur," ujarnya.

Ambar berharap, melalui program tersebut keberadaan TSI selama 36 tahun di Kabupaten Bogor benar-benar dirasakan keberadaannya oleh masyarakat sekitar.

"Tidak hanya mendongkrak perekonomian pengusaha kecil di Kawasan Puncak, eksistensi Taman Safari Bogor juga membawa dampak positif bagi infrastruktur sekitar," kata Ambar.

Sementara, General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan  mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen terus melakukan upaya peningkatan kualitas infrastruktur di Kawasan Cisarua.

“Kolaborasi Taman Safari Bogor dengan pemerintah, baik pemda maupun pemerintah pusat kita upayakan berkesinambungan agar masyarakat di Kawasan Puncak mendapat banyak berkah dengan keberadaan Taman Safari Bogor,” ujarnya.

Baca juga: Parade "Sun Go Kong" digelar TSI Cisarua-Bogor selama libur Imlek

Baca juga: Taman Safari Bogor ramai pengunjung, peningkatan hingga 85 persen

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023