Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia Group (Persero) bersama anak perusahaannya berhasil memborong 16 penghargaan dalam ajang The 8th PR INDONESIA  Awards (PRIA) di Denpasar, Bali, Jumat.

"Kami berterima kasih kepada seluruh insan Pupuk Indonesia Group, dan juga jajaran komunikasi di anak-anak perusahaan atas kerjasama dan kerja kerasnya sehingga memperoleh apresiasi ini. Kami tentunya akan terus meningkatkan kualitas komunikasi perusahaan, sehingga publik bisa mengenal Pupuk Indonesia dengan lebih baik, mulai dari peran, tanggungjawab, serta kontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara," ujar SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia Wijaya Laksana dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Wijaya Laksana mengatakan, dari total 16 penghargaan Pupuk Indonesia sendiri menerima total lima penghargaan sekaligus. Dirinya mengakui bahwa aspek komunikasi perusahaan saat ini memiliki peran yang semakin strategis, terlebih di era digitalisasi dan keterbukaan informasi.

Manajemen Pupuk Indonesia menaruh perhatian tinggi pada aspek komunikasi perusahaan. Terlebih dengan program transformasi bisnis dengan melahirkan banyak inovasi untuk memajukan pertanian di Indonesia, bersaing di pasar global, serta mendukung industri hijau di masa depan.

Ajang The 8th PR INDONESIA Awards atau PRIA merupakan salah satu ajang tahunan bergengsi di bidang komunikasi dan kehumasan yang digelar oleh Majalah PR Indonesia.

Adapun penghargaan yang diraih Pupuk Indonesia antara lain Gold Winner pada Kategori Departemen PR, Silver Winner untuk Manajemen Krisis Sub Kategori Krisis dan Pascakrisis, serta Bronze Winner untuk Program CSR Sustainability Business Sub Kategori Sustainability Business (Program D’komposer). Pupuk Indonesia juga dinobatkan sebagai perusahaan Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022 Sub Kategori BUMN Non Tbk. Atas capaian tersebut, Pupuk Indonesia juga dipilih menjadi PR Departemen of The Year 2023.

Sementara itu, anak perusahaan Pupuk Indonesia juga mendapatkan penghargaan. Antara lain PT Pupuk Kalimantan Timur yang dinobatkan bersama PT Petrokimia Gresik sebagai perusahaan Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022 untuk Sub Kategori Anak Usaha BUMN. Berikutnya adalah PT Petrokimia Gresik yang juga meraih Gold Winner untuk Kategori Departemen PR, Bronze Winner pada Kategori Program PR Sub Kategori Digital PR Employee Influencer, serta PR Department of The Year untuk Sektor Anak Usaha BUMN.

Kemudian PT Pupuk Kujang Cikampek meraih Silver Winner Kategori Kanal Digital Sub Kategori Media Sosial Youtube, dan tiga Bronze Winner, yaitu Kategori Laporan Tahunan Sub Kategori Sustainability Report, Kategori Owned Media Sub Kategori Video Profile Penerapan Teknologi, serta Kategori Program CSR Sub Kategori Community Based Development (Program Kampung Nanasku). Sementara PT Pupuk Sriwidjaja Palembang berhasil membawa pulang Silver Winner pada Kategori Kanal Digital Sub Kategori Website.

Sebagai satu-satunya ajang kompetisi PR paling komprehensif di Indonesia sejak 2016, PRIA menjadi barometer kinerja komunikasi. Tahun 2023 ini sebanyak 836 entri mengikuti kompetisi ini.

Wijaya mengatakan bahwa program ini dapat menjadi ajang untuk menguji efektivitas program komunikasi perusahaan. Sekaligus sebagai bentuk evaluasi, karena dalam proses penilaiannya perusahaan menerima banyak masukan dari dewan juri untuk meningkatkan kualitas program komunikasi di masa depan.

“Kami mendapatkan banyak masukan dari kompetisi ini. Ke depan, program komunikasi Pupuk Indonesia akan dikemas lebih inovatif," katanya.

Baca juga: Pupuk Indonesia Grup berhasil memborong penghargaan Anugerah BUMN 2023
Baca juga: Pupuk Indonesia: Program Makmur telah membantu 128 ribu petani
Baca juga: Pupuk Indonesia siap bangun pabrik baru urea di dua lokasi

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023