Ankara (ANTARA) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat menerima Presiden Finlandia Sauli Niinisto dalam upacara resmi di kompleks kepresidenan di ibu kota Ankara.

Kedua pemimpin akan mengadakan pembicaraan empat mata yang akan disusul dengan konferensi pers bersama.

Erdogan dan Niinisto akan membahas semua aspek hubungan Turki-Finlandia dan langkah-langkah meningkatkan kerja sama antara kedua negara, kata istana kepresidenan Turki.

Mereka juga akan bertukar pandangan mengenai "lamaran Finlandia menjadi anggota NATO sesuai dengan Memorandum Trilateral yang ditandatangani di sela-sela KTT Madrid NATO, hubungan Turki-Uni Eropa dan masalah regional dan global saat ini," sambut istana kepresidenan Turki.

Baca juga: Erdogan janji selesaikan proses Finlandia masuk NATO

Finlandia dan Swedia resmi mendaftar untuk bergabung dengan NATO Mei lalu untuk meninggalkan posisi netral yang puluhan tahun mereka ambil.

Namun, Turki, anggota lama NATO, meminta kedua negara  tersebut agar mengambil langkah nyata terhadap PKK dan FETO yang disebut Turki sebagai kelompok teror, yang melakukan aktivitas propaganda, pendanaan, dan perekrutan di kedua negara Skandinavia tersebut.

Pada Juni, Finlandia, dan Swedia menandatangani sebuah nota kesepahaman dengan Turki guna menjawab keprihatinan Turki.

Sejak itu para diplomat senior dan pejabat ketiga negara telah mengadakan berbagai pertemuan ntuk membahas implementasi perjanjian trilateral itu.

Baca juga: Swedia harap Turki dapat ratifikasi keanggotaan NATO usai pemilu

Sumber: ANADOLU

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023