pelajar dan pihak sekolah harus memahami apa yang mesti dilakukan ketika terjadi bencana
Batang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak kalangan pelajar untuk memiliki kepekaan terhadap kondisi kebencanaan dan berbagai permasalahan di lingkungan sekitar, termasuk solusinya.

“Ini bagian dari upaya kita untuk memperkenalkan kondisi yang ada di wilayah terdekat, khususnya terkait dengan bencana,” katanya usai menjadi pembicara pada Edukasi Tanggap Bencana Bagi Pemangku Kepentingan dan Generasi Muda Dengan Model Multihelix di SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang, Jumat.

Ganjar berharap agar setiap sekolah memahami soal mitigasi bencana sehingga mengerti apa yang mesti dilakukan, mulai dari pencegahan, penanggulangan,  status tanggap darurat dan pemulihan  pascabencana.

"Pelajar dan pihak sekolah harus memahami apa yang mesti dilakukan ketika terjadi bencana," katanya.

Baca juga: Peringati 18 tahun tsunami, FPRB Aceh edukasi siswa simulasi evakuasi
Baca juga: Jokowi minta Basarnas edukasi masyarakat soal pertolongan awal bencana

Oleh karena itu, berbagai pelatihan diberikan dengan menggandeng BPBD, PMI, Tagana, SAR, dan TNI-Polri agar yang bersangkutan terbiasa dan memiliki keterampilan saat berada dalam kondisi bencana.

"Dengan pelatihan ini mereka akan mengerti bencananya apa saja sih. Di Batang ini bencana di pinggir pantai ada rob, tapi ternyata tadi ada yang bilang ada tanah longsor, terus kemudian mereka tahu bagaimana proses sedimentasi yang ada di sungai sehingga rumah yang ada di pinggir sungai itu kebanjiran," ujarnya.

Dalam menyampaikan materi, Ganjar lebih banyak berdialog dengan para pelajar, beberapa pertanyaan mendasar tentang kebencanaan dilontarkan kepada pelajar dan direspons cukup baik.

Bahkan, dari dialog yang terjadi, beberapa pelajar sudah memiliki kepekaan mengenai kondisi bencana dan juga masalah lingkungan.

“Di samping itu, program kami yang tidak boleh berhenti adalah pendidikan antikorupsi. Mulai dari anak-anak sekolah ini, biar mereka kemudian punya pengalaman yang bagus, ilmu yang bagus sehingga bermanfaat," kata Ganjar.

Baca juga: Pengamat: Penting memulai edukasi pendidikan kebencanaan untuk sekolah
Baca juga: Forum PRB NTT libatkan tokoh agama edukasi mitigasi bencana
Baca juga: UI edukasi remaja Banten mitigasi bencana


 

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023