Tangerang (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kembali membuka posko kesehatan menjelang Ramadhan dan arus mudik Lebaran tahun 2023 di setiap terminal di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Kepala KKP Soetta Naning Nugrahini di Tangerang, Sabtu mengatakan bahwa dengan dibukanya posko-posko kesehatan tersebut sebagai langkah antisipasi adanya penyebaran COVID-19 dan penyakit menular lainnya.

"Diprediksi mudik Lebaran tahun ini melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta akan membludak, jadi kami akan siapkan posko kesehatan di terminal," ungkapnya.

Ia menyebutkan, jumlah posko kesehatan yang akan disiapkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan tersebut di setiap terminal keberangkatan maupun kedatangan di bandara.

"Diintensitaskan dengan pengawasan secara berlapis karena diprediksi akan banyak penumpang," katanya.  

Menurutnya, posko kesehatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah nanti, dibuka selama 24 jam setiap harinya, dengan petugas kesehatan yang diterjunkan sebanyak 44 orang.

"Dalam Posko Kesehatan nanti disiapkan ruang instalasi gawat darurat (IGD) serta fasilitas ambulan," ujarnya.

Kemudian, ia mengimbau, kepada para calon penumpang di Bandara Soetta agar selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh serta selalu menerapkan protokol dalam aktivitas sehari-harinya. Karena, bagaimana pula wabah COVID-19 masih ada dan bahkan varian penyakit menular jenis lainnya terus bermunculan.

"Walau bagaimana COVID-19 masih ada dan ada pula virus Flu Burung varian baru serta penyakit lainnya yang harus diantisipasi penyebarannya," kata dia.

Baca juga: Kapolri minta Bareskrim pastikan ketersediaan pangan jelang Ramadhan

Baca juga: Menparekraf ajak UMKM maksimalkan konten kreatif di bulan Ramadhan

Baca juga: Film "Buya Hamka" dirilis bulan depan sambut Ramadhan 2023


Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023