Jakarta (ANTARA) - Jenama busana sopan atau modest fashion lokal Aleza menghadirkan sebuah proyek kolaboratif dengan desainer Indonesia bertajuk "The Pandora" untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

“Aleza berusaha untuk mengakomodasi keinginan para perempuan yang ingin memiliki baju karya desainer. Inilah ide awal yang melatarbelakangi kolaborasi Aleza dengan tiga desainer top Indonesia, Barli Asmara, Happa, dan Rama Dauhan," ujar Managing Director Aleza Dia Demona dalam keterangannya diterima di Jakarta, Sabtu.

Aleza meluncurkan versi busana siap pakai dari untuk ketiga karya ketiga desainer tersebut. Koleksi dari tiga desainer ini menghadirkan nuansa yang berbeda dan unik, jadi, para perempuan bisa memilih koleksi sesuai dengan gaya mereka.

“Ketiga desainer ini dipilih karena memiliki karakter yang kuat dalam setiap rancangannya sehingga kami percaya kalau koleksinya akan memberikan warna baru terhadap produk yang akan dijual Aleza pada Lebaran kali ini,” lanjut Dia.

Koleksi "Barli Asmara for Aleza" mengangkat tema New Retro dengan nuansa yang klasik dan feminin. Koleksi itu didominasi dengan warna earthy tone (warna alam), dengan bahan sifon bertekstur, rayon dobby, voile, dan katun dobby.

Total ada 15 tampilan yang diberikan rumah mode Barli Asmara kepada Aleza untuk diproduksi. Sang desainer sudah meninggal pada 2020 karena sakit.

“Di bulan Juni 2022, Aleza mencetuskan ide untuk menciptakan kolaborasi. Dari awal pertemuan, Barli Asmara sudah merasakan chemistry yang kuat dengan label Aleza dan langsung mendapatkan gambaran umum garis merah dari penggabungan design aesthetics kedua label," ujar Creative Director Barli Asmara, Leslie Tobing.

Baca juga: Konsep modern dan minimalis dalam busana Ramadhan

Lalu ada koleksi Happa for Aleza yang terinspirasi dari kota Cordoba dengan lika-liku budayanya dan gaya modern nuansa etnik. Dengan mengusung warna kombinasi antara pastel dan bold, koleksi itu didominasi bahan silk polyester, 100 persen katun, tille bordir, dan krep.

Happa mempersembahkan 17 tampilan untuk kolaborasinya dengan Aleza kali ini.

“Desain yang disuguhkan untuk kolaborasi Happa for Aleza kali ini adalah desain dengan siluet-siluet feminin dan sssederhana yang bisa lebih masuk ke pasar yang lebih luas, tapi, tetap mempertahankan craftsmanship detailnya dan motif print yang selalu menjadi ciri khas Happa yang tentunya terinspirasi dari keindahan kota Cordoba yang sangat megah, lawas, dan rumit,” ujar Creative Director Happa Mel Ahyar.

Baca juga: Busana syar'i bercorak bunga, salah satu pilihan untuk Lebaran 2021

Sedangkan koleksi Rama Dauhan for Aleza memiliki siluet dan skema warna yang bold, eccentric, dan free spirited. Koleksi yang lebih playfull dan colorfull itu banyak menggunakan bahan silk polyester, katun dobby, polyester, dan krep.

Rama Dauhan menyuguhkan 18 tampilan untuk koleksi kolaborasi dengan Aleza kali ini.

“Kami sudah pernah membuat kolaborasi dengan merek lain, tapi, tentu tantangan untuk setiap merek berbeda. Jadi, setiap kami bekerjasama dengan sebuah merek, kami akan lebih terbuka, open minded, serta selalu memiliki keinginan untuk belajar. Inilah yang titik berat dalam setiap kolaborasi yang kami lakukan,” ujar Rama Dauhan.

Koleksi The Pandora mulai bisa didapatkan di semua kanal penjualan Aleza mulai tanggal 23 Maret 2023.

Baca juga: Iwet Ramadhan beri sentuhan Batik Pekalongan dalam koleksi Giordano

Baca juga: Luna Maya hadirkan koleksi busana baru sambut Ramadhan

 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023