Kemungkinan akan naik lagi saat masuk puasa karena permintaan tinggi.....
 Makassar (ANTARA) - Menjelang bulan Ramadhan, harga telur dan daging ayam potong mulai merangkak naik dengan harga bervariasi pada sejumlah pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kalau harga telur semua ukuran dari yang kecil, sedang, dan besar naik rata-rata Rp3.000 sampai Rp5.000. Harga semula Rp45 ribu per rak untuk ukuran kecil, sekarang Rp48 ribu per rak. Telur bebek dari Rp75 ribu naik Rp78 ribu," kata Iriani, pedagang di Pasar Terong, Makassar, Sabtu.

Kenaikan harga telur tersebut, kata dia lagi, karena tingginya permintaan menjelang masuk bulan puasa, sementara di sisi lain stok pengiriman terbatas. Kenaikan harga telur sudah terjadi di awal Maret 2023.

"Waktu awal bulan mulai naik sampai sekarang. Kemungkinan akan naik lagi saat masuk puasa karena permintaan tinggi, tapi pasokan telur dari peternak tidak terlalu banyak, makanya harga naik," katanya lagi.

Pedagang ayam potong lainnya, Irwansyah menyebutkan, saat ini harga daging ayam potong naik Rp5.000 per kilogram, dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu. Harga pun bervariasi tergantung berat ayam.

Kenaikan harga ayam tersebut juga dipicu keterbatasan stok pasokan dari sejumlah sentra peternak ayam di daerah, sedangkan permintaan daging ayam terus mengalami peningkatan.

"Untuk berat ayam 3,5 kilogram sudah kurang di pasar, tapi yang berat 2,5 kilogram masih ada disuplai peternak itu pun masih terbatas," ujar dia pula.

Faktor lain pemicu kenaikan harga daging ayam menjelang Ramadhan, kata dia, dari informasi distributor harga pakan ayam ikut naik sehingga mempengaruhi harga penjualan ayam potong di pasaran.

Salah seorang pembeli di pasar setempat, Putri mengatakan, harga bahan pokok terus merangkak naik, bukan hanya beras, terigu, minyak, bawang, tapi juga telur dan ayam potong.

"Mudah-mudah pemerintah segera turun tangan mengendalikan harga-harga apalagi mau masuk puasa ini, pasti harga bahan-bahan kebutuhan akan naik semua. Kita berharap bisa segera dinormalkan kembali," ujar ibu rumah tangga ini berharap.
Baca juga: Mendag: pemerintah tanggung biaya distribusi telur untuk tekan harga
Baca juga: Harga telur ayam ras di Jember naik menjelang Ramadhan 1444 H

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023