Jakarta (ANTARA) - PT Esensi Solusi Buana (ESB) hadir di pameran business to business makanan, minuman, bakery, hotel, restoran AllFood indonesia 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang pada 16-19 Maret 2023, sebagai sebuah solusi bagi pemula di bisnis kuliner.

CEO dan Co-Founder ESB Gunawan mengatakan dalam pernyataan, Sabtu, bahwa ESB memiliki teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner. Teknologi tersebut diklaim dapat meningkatkan laba bisnis kuliner melalui efisiensi waktu, biaya, serta layanan yang efektif untuk para pengguna ekosistem ESB.

"Melalui acara ini, ESB memperkenalkan digitalisasi bisnis kuliner melalui produk-produknya agar para pengunjung ALLFood Indonesia 2023 bisa mendapatkan akses ke teknologi restoran terbaik. Saat ini industri makanan dan minuman sedang memasuki percepatan transformasi digital, kita tidak boleh terlambat dalam mengadopsi teknologi pada bisnis kuliner. Teknologi ESB membantu pelaku usaha kuliner untuk mengelola operasional bisnisnya melalui solusi end-to-end berbasis cloud," kata Gunawan.

Baca juga: Sukses bisnis kuliner dengan manfaatkan digitalisasi

Ekosistem ESB memungkinkan pengusaha kuliner untuk menjalankan bisnis hanya melalui satu platform. Contohnya pemesanan bahan makanan melalui ESB Goods, layanan kasir melalui ESB POSLite.

ESB juga memiliki layanan pemesanan melalui ESB Order dan reservasi melalui ESB Book hingga layanan loyalty program melalui ESB Loop.

Sebagai software manajemen bisnis kuliner yang terintegrasi, ESB memiliki dua ekosistem yang dapat membantu mengelola satu atau ribuan outlet dengan pintar. Kedua ekosistem tersebut adalah Restoran Pintar dan UMKM Pintar.

Restoran Pintar mencakup ekosistem mulai dari proses pemesanan dengan berbagai macam jenisnya, pembayaran kasir, pencatatan pesanan, procurement, loyalty program, hingga booking system. Sedangkan UMKM Pintar mencakup ekosistem yang lebih sederhana seperti pemesanan, pembayaran dan pencatatan kasir, serta digital procurement.

ESB memiliki beberapa produk software solusi usaha kuliner diantaranya ESB POS yang merupakan software aplikasi kasir online-offline berbasis Windows/Linux yang terintegrasi dengan seluruh ekosistem ESB dalam toko, seperti kitchen display, customer display, captain order, kios pemesanan, ERP, loyalty system, aplikasi pemesanan di luar ekosistem ESB, dan berbagai sistem pembayaran.

Baca juga: ESB hadir di Bandung International Food & Hotel Expo 2023

Baca juga: Tak hanya digitalisasi, pendampingan juga penting bagi UMKM kuliner

Baca juga: Kisah UMKM populerkan se'i lewat digitalisasi

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023