bumi akan jauh lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Monumen Nasional (Monas) serta sejumlah jalan dan bangunan kantor pemerintahan di Jakarta Pusat, kecuali puskesmas, klinik dan rumah sakit, ikut memadamkan lampu sekitar 60 menit pada Sabtu, mulai pukul 20.30 - 21.30 WIB, dalam rangka Aksi Lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Sabtu, mengatakan pemadaman yang berlangsung sesaat itu dilaksanakan sesuai dengan lnstruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon.

"Mari cintai bumi dengan aksi hemat energi. Jika kita dapat melakukan ini secara berkala bersama-sama, dampaknya terhadap bumi akan jauh lebih baik dan signifikan," kata Asep.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, Sabtu, pemadaman lampu dapat disaksikan di Patung Arjuna Wiwaha (Patung Kuda), Patung Jenderal Besar Sudirman, Patung Pemuda Membangun, kantor Wali Kota Jakarta Pusat, dan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Pemadaman lampu juga terjadi di Jalan Sudirman dari Dukuh Atas sampai dengan Gedung Sampoerna Strategic dan Jalan MH Thamrin, sekitar Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana Presiden, Jalan Gerbang Pemuda hingga Jalan Asia Afrika.

Isi dalam Ingub Nomor 14 tahun 2021 tersebut mengamanatkan pelaksanaan pemadaman lampu tiga kali dalam satu tahun, tepatnya saat peringatan Aksi Lingkungan pada Maret, Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Berdasarkan data grafis yang dibagikan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Sabtu, tampak pemadaman lampu menjadikan penggunaan energi lebih efisien karena menghemat konsumsi listrik sekitar 118,42 megawatt hour (MWh) hingga 171,96 MWh.

Pemadaman lampu juga mengurangi pengeluaran emisi gas rumah kaca setara karbondioksida 110,61 ton (CO2e) hingga 160,61 CO2e berdasarkan tiga kali pelaksanaan di Jakarta pada 2022 tanggal 26 Maret, 2 Juli dan 26 November.

Tak hanya Jakarta Pusat, Jakarta Utara juga melaksanakan pemadaman sesaat di Jalan Yos Sudarso, Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Utara, dan Jalan Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading.

Di Jakarta Timur, pemadaman berlangsung di Jalan Perintis Kemerdekaan Pulogadung, Jalan Dr Sumarno, dan Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Di Jakarta Barat, pemadaman berlangsung di Jalan Daan Mogot, Jalan Kembangan Raya, dan bagian depan serta dalam Komplek Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Di Jakarta Selatan, pemadaman berlangsung di Jalan Prapanca Raya, Jalan Gerbang Pemuda Senayan hingga Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman (gedung Sampoerna Strategic) hingga area Patung Pemuda Membangun, serta Jalan H R Rasuna Said.

Baca juga: WWF Indonesia pusatkan Earth Hour 2023 di Solo pada 25 Maret

Baca juga: PLN tingkatkan keamanan instalasi listrik jelang Ramadhan - Idul Fitri

Baca juga: PLN jamin keandalan listrik berbagai kegiatan internasional di Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023