Jakarta (ANTARA) - Dedengkot trash metal kebanggaan San Francisco Amerika Serikat, Vio-lence menutup hari pertama gelaran Hammersonic Festival 2023 dengan penuh distorsi liar berkecepatan tinggi dan entakan drum enerjik dari atas panggung Hammer, Carnaval Beach Ancol Jakarta, Sabtu.

Band asal California yang tampil dalam formasi tur mereka yaitu Sean Killian (vokal), Christian Olde Wolbers (bass), Ira Black (gitar), Miles Dimitri Baker (gitar), dan Adrian Aguilar (drums) tersebut naik panggung sekitar pukul 23.25 WIB dan tampil selama sekitar satu jam.

Baca juga: 'GIGI' dan 'Iwan Fals' ramaikan hari pertama Hammersonic Festival

Sebagai lagu pembuka, gitaris Ira Black langsung mencabik gitar dan menghasilkan feedback distorsi penuh raungan dari lagu "Eternal Nightmare" diambil dari album berjudul sama yang dirilis tahun 1988.
Gitaris tur Vio-lence, Ira Black, saat tampil di panggung Hammer dalam gelaran Hammersonic Festival 2023, Sabtu (18/3). (ANTARA/Adnan Nanda)


Meski tergolong band lawas yang terbentuk pada 1985, namun performa ganas vokalis Sean Killian di atas panggung seolah sama sekali tidak memberikan kesempatan kepada para metalheads untuk sejenak menghentikan headbang. Tampil tanpa banyak bicara, Sean unjuk skill prima dengan rentetan diksi cepat sambil melontarkan lirik-lirik bermakna keras lewat gayanya yang provokatif.

Usai "Eternal Nightmare", Vio-lence lalu menggeber "Serial Killer" yang merupakan salah satu lagu dari album yang sama. Pertempuran jemari ngebut gitaris Ira Black dan si kidal Miles Dimitri Baker di atas fingerboard yang nyaris tanpa cela, tak ayal semakin memacu adrenalin para metalheads untuk headbang berjamaah.

 
Vokalis Vio-lence, Sean Killian, saat tampil di panggung Hammer dalam gelaran Hammersonic Festival 2023, Sabtu (18/3). (ANTARA/Adnan Nanda)

Barulah menjelang lagu ketiga, vokalis Sean Killian menyapa para penikmat musik cadas di Hammersonic Festival 2023.

"Jakarta, Indonesia! Kami datang dari West Coast, California untuk menendang bokong kalian! Siapa yang mau bergabung denganku malam ini?" teriak Sean sebelum memulai lagu "Calling in The Coroner".

Baca juga: Pure Wrath panaskan hari pertama Hammersonic Festival 2023

Unit yang sangat lekat dengan skena trash metal Bay Area era '80-an tersebut memang hanya menyelipkan sedikit jeda di antara lagu alias menggeber habis lagu-lagu terbaik mereka. Total Vio-lence memainkan sepuluh lagu yang kebanyakan diambil dari album perdana "Eternal Nightmare".

 
Pencabik bass Vio-lence, Christian Olde Wolbers, saat tampil di panggung Hammer dalam gelaran Hammersonic Festival 2023, Sabtu (18/3). (ANTARA/Adnan Nanda)

Beberapa lagu lain yang turut membakar panggung Vio-lence di Hammersonic yaitu "Officer Nice", "Kill on Command, "Bodies on Bodies", dan "Phobophobia". Vio-lence juga membawakan lagu "Flesh From Bone" dan "Upon Their Cross" yang dicomot dari mini album teranyar mereka berjudul "Let the World Burn" dirilis pada 4 Maret 2022.

Vio-lence menutup malam liar nan ganas itu dengan paripurna lewat lagu "World in a World" yang merupakan salah satu track dari album kedua mereka bertajuk "Oppressing the Masses" yang dirilis pada 13 Juli 1990.

Gelaran Hammersonic Festival 2023 hari kedua pada 19 Maret bisa dipastikan akan menyedot lebih banyak penggemar metal karena hadirnya sang penampil utama yaitu jagoan heavy metal dari Iowa Amerika Serikat yaitu Slipknot yang khas dengan kostum bertopeng mereka. Selain itu akan ada pula Trivium, Story of The Year, Batushka, Comeback Kid, Amon Amarth, Watain, dan Black Flag. Sedangkan penampil dari dalam negeri di antaranya DeadSquad, Jeruji, Straight Out, dan For Revenge.

Baca juga: Hammersonic berikan penghargaan bagi sejumlah musisi cadas Tanah Air

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023