Magelang (ANTARA) - Umat Hindu di Magelang, Jawa Tengah, melaksanakan Upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945/tahun 2023 di Sumber Mata Air Tuk Mas Dusun Dakawu, Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Ketua Panitia Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945/tahun 2023 Magelang I Gede Suarti di Magelang, Minggu, mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi tahun 2023.

Dalam prosesi pengambilan air tersebut, para pemuda asal Bali yang sedang menempuh pendidikan di Akademi Militer Magelang ikut menabuh gamelan Bali.

Baca juga: Ribuan warga Hindu di Bali ikuti Upacara Melasti jelang Hari Nyepi

I Gede Suarti menyampaikan bahwa pengambilan air suci dilakukan di Sumber Mata Air Tuk Mas, setelah dari Tuk Mas, kemudian air dibawa ke Pura Wira Buana Magelang.

"Sesampainya di pura, disambut Upacara Medak Tirta atau menyambut air, kemudian air dalam beberapa jerigen diletakkan di padmasari, yang nantinya digunakan untuk persembahyangan," katanya.

Setelah Melasti, kata dia, pada Selasa (21/3) pukul 13.00 WIB dilakukan pawai ogoh-ogoh, start dari Artos sampai Pura Wira Buwana Akmil.

Baca juga: Candi Prambanan ditutup untuk kunjungan umum saat Hari Raya Nyepi

Menurut dia, pawai ogoh-ogoh bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat seni dan budaya khususnya umat Hindu yang ada di Magelang. Selain itu, juga untuk menetralisir roh-roh jahat supaya tidak mengganggu umat manusia.

Kemudian pada pukul 17.00 WIB dilaksanakan Tawur Kesanga di halaman Pura Wira Buwana dilanjutkan persembahyangan di Mandala Utama Pura Wira Buwana.

Pada Rabu (22/3) pukul 00.01-24.00 WIB dilaksanakan Catur Brata Penyepian di pura maupun di rumah masing-masing.

Baca juga: Kawasan Bromo ditutup total saat Hari Raya Nyepi 22 Maret 2023

Ia menjelaskan Catur Brata Penyepian terdiri atas empat hal, yakni "amati geni" atau tidak menyalakan api, "amati lelungan" atau tidak bepergian, "amati lelanguan" atau tidak bersenang-senang, dan "amati karya" atau tidak bekerja.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023