Jakarta (ANTARA) -
Ajang balap motor OnePrix 2023 sukses menerapkan konsep baru yakni superpole race dan safety bike pada putaran pertama yang bergulir di Sirkuit Karting Sentul, Jawa Barat, Sabtu (18/3) - Minggu (19/3).
 
Sama seperti di sejumlah ajang internasional lain, dua konsep tersebut untuk kali pertama diterapkan pada ajang kejuaraan nasional level tertinggi balap motor underbone di Tanah Air tersebut. Superpole merupakan balapan ekstra dengan tujuan menentukan posisi start terdepan.

Superpole race diikuti sembilan pebalap teratas dari hasil qualifying practice. Mereka kembali diadu untuk menentukan susunan akhir pebalap yang akan mengisi starting grid.
 
Direktur Kompetisi OnePrix Mago Sarwono optimistis konsep tersebut merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Salah satu faktornya adalah para pebalap harus melewati dua fase untuk berjuang.
 
“Selain ditujukan untuk menyajikan tontonan balap yang makin menarik bagi penonton, superpole race ini juga bisa meningkatkan kualitas kompetisi itu sendiri. Meskipun berhasil menjadi yang tercepat dalam qualifying race, mereka harus bersaing lagi memperebutkan posisi terdepan di starting grid," kata Mago dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Selain itu, juga dilakukan perubahan jumlah lap untuk balapan di setiap kelasnya pada putaran pertama ini. Seperti pada kelas Expert yang menerapkan regulasi 24 lap musim ini.
 
Di sisi lain, PT Merah Putih Berkibar (MPB) selaku konglomerasi usaha yang menaungi PT OMM sebagai penyelenggara OnePrix, mengapresiasi gelaran putaran pertama di Sirkuit Karting Sentul.
 
“Ini merupakan putaran pertama OnePrix tahun ini dan saya sangat senang melihat antusiasme penonton. Ada ribuan orang yang mengisi tribun. Semoga menjadi awal yang baik untuk putaran-putaran selanjutnya,” ujar Chairman PT MPB Anindra Ardiansyah Bakrie.
 
Tidak hanya menarik antusiasme penonton, OnePrix 2023 putaran pertama kali ini juga dihadiri oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memenuhi area parkir Sirkuit Sentul Karting.
 
CEO PT OMM Arlan Lukman Perkasa berharap putaran pertama di Sentul menjadi awal yang baik dalam menggandeng para pelaku UMKM di berbagai daerah.
 
“Ini sudah sejalan dengan komitmen OMM dalam meningkatkan geliat ekonomi kreatif di sejumlah daerah di Tanah Air. Kami harapkan pada putaran-putaran selanjutnya akan makin banyak pelaku UMKM yang bergabung untuk menyemarakkan OnePrix di berbagai daerah," kata Arlan.
 
OnePrix juga menguji coba prototipe motor listrik untuk track inspection sebelum memulai balapan. Konsep ini merupakan yang pertama kali dilakukan pada turnamen balap underbone di Indonesia.
 
Selain diharapkan meningkatkan daya tarik penyelenggaraan juga sebagai bentuk kepedulian OnePrix terhadap karya anak bangsa dan kelestarian lingkungan hidup.

Berikut hasil OnePrix 2023 putaran pertama:
OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Expert - Race 1
1. Husni Zainul Fuadzy
2. Hafid Pratama
3. M. Faerozi
4. M. Gilang Akbar Roland
5. Dimas Juliatmoko
OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Expert - Race 2
1. Hafid Pratama
2. M. Faerozi
3. Husni Zainul Fuadzi
OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Novice - Race 1
1. Chandra Hermawan
2. Fahmi Basam
3. Akbar Abud Abdalah
4. M. Yudi
5. Ahmad Saifullah
 
OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Novice - Race 2
1. Fahmi Basam
2. Jorhan Richard Josua Mbeo
3. Ahmad Saifullah
4. Akbar Abud Abdalah

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023