Tangerang (ANTARA) - Grup idola K-pop TREASURE akhirnya menyelesaikan konser solo perdana mereka di Indonesia bertajuk "2023 TREASURE TOUR (HELLO)" selama dua hari berturut-turut pada 18 dan 19 Maret 2023 dengan total durasi tampil sekitar lima jam.

Dari sisi performa, walau tak ada perubahan dalam daftar lagu pada hari kedua, TREASURE nyaris mempertahankan energi mereka seperti penampilan hari pertama.

Lagu "JIKJIN" yang menjadi pembuka konser selama dua hari merupakan sebuah trek hip-hop dance dengan koreografi yang dinamis. Selama konser, TREASURE membawakannya bersama iringan live band.

"JIKJIN" yang menggambarkan semangat anak-anak untuk maju dan mencoba hal-hal baru tanpa ragu itu menyulut jeritan penggemar, membuat mereka bernyanyi, bergerak sesuai irama lagu sembari menyalakan tongkat cahaya atau Teulight.

Sembari mempertahankan energi yang menyala,TREASURE tanpa jeda melanjutkan penampilan mereka, dengan menyanyikan lagu debut "BOY". Kim Jun-kyu (Junkyu) menggantikan Bang Ye-dam (Yedam) membuka lagu yang menjadi bagian dari album single "THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT" itu.

Penampilan mereka berlanjut ke lagu-lagu lainnya seperti "I LOVE YOU", "GOING CRAZY", "COME TO ME" dan "B.L.T (BLING LIKE THIS)" hingga akhirnya tiba waktu menyapa para penggemar yang kala itu sebagian mengenakan busana serba biru (havelock blue).

"Halo, sayang, akhirnya bertemu kalian, Indonesia TEUME!," sapa Kanemoto Yoshinori (Yoshi).
Grup idola K-pop TREASURE dalam konser "2023 TREASURE TOUR (HELLO) IN JAKARTA" hari kedua, pada Minggu (19/3/2023) di ICE, BSD, Tangerang. TREASURE menggelar konser di Indonesia selama dua hari yakni 18 dan 19 Maret 2023 di lokasi yang sama. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Sejumlah lagu dalam daftar TREASURE bawakan untuk kali pertama secara langsung di Indonesia salah satunya "ORANGE" yang liriknya ditulis Hamada Asahi dan Watanabe Haruto, serta oleh Choi Hyun-suk (Hyunsuk) dan Yoshi untuk bagian rap.

Sebelumnya, para penggemar hanya bisa menyaksikan penampilan TREASURE membawakan salah satu lagu dalam single album "THE FIRST STEP: CHAPTER THREE" itu melalui video di kanal YouTube resmi mereka yang diunggah dua tahun lalu. Kala itu, Takata Mashiho dan Bang Ye-dam (Yedam) masih bergabung bersama grup.

Dalam konser, mereka membawakan "ORANGE" diiringi live band dengan bagian awal yang semula dinyanyikan Mashiho digantikan Junkyu sementara bagian Yedam digantikan Park Jeong-woo (Jeongwoo).

Lagu "ORANGE" kembali TREASURE hadirkan secara medley bersama lagu "DARARI", "HELLO", "GOING CRAZY" dan "B.L.T (BLING LIKE THIS)" menjelang akhir konser.

Mereka juga menyanyikan secara langsung lagu-lagu unit yakni "THANK YOU" (Asahi dan Haruto unit) dan "VolKno" (Hyunsuk, Haruto dan Yoshi unit). Kedua lagu ini menjadi bagian dari mini album "THE SECOND STEP: CHAPTER TWO" yang dirilis Oktober 2022.

Lagu-lagu lainnya yang turut dibawakan langsung untuk kali pertama yakni "HOLD IT IN", "IT'S OKAY" dan "COME TO ME", kemudian "EVERYDAY" dan "BFF".

Tak hanya lagu milik sendiri, TREASURE juga menyertakan dua lagu milik sunbae atau senior mereka yakni "RYTHM TA" milik grup idola K-pop iKON dan "BANG BANG BANG" dari BIGBANG.

Hyunsuk membuka lagu "RHYTM TA" diikuti rap dari Haruto dan Yoshi. Sembari diiringi musik live band, kesepuluh personel TREASURE perlahan menarikan koreografi sesuai irama lagu. Usai bernyanyi, selama sesi bicara, para personel grup menirukan gerakan khas RYHTM TA dan disambut jeritan para penggemar.

Tata cahaya lampu, musik dan desain panggung mendukung performa TREASURE sepanjang konser.

Di sisi lain, interaksi dengan penggemar menjadi bagian dari penampilan TREASURE selama konser. Saat berinteraksi dengan penggemar, TREASURE berbicara dalam bahasa Inggris dan terkadang menyelipkan kata-kata dalam bahasa Indonesia untuk meningkatkan atensi dan antusiasme mereka.

Kata-kata dalam bahasa Indonesia dengan ragam ekspresi wajah pun para personel grup ucapkan saat mencoba merayu penggemar, seperti "Sayang, nanti aku main ke rumah ya" dan "Kamu bikin hatiku meleleh".

Aksi unjuk kemampuan menari turut mereka hadirkan. Kim Jun-kyu (Junkyu) misalnya yang memamerkan kemampuan menari heartbeat dance versi dirinya.

TREASURE juga menyempatkan diri untuk membahas beberapa lagu mereka seperti lagu-lagu unit yakni "THANK YOU" dan "VolKno". Hyunsuk mengatakan "VolKno" sesuai dengan passion-nya yang menyenangi genre musik hip-hop.

Berbicara Indonesia khususnya Jakarta, para personel TREASURE mengaku masih ingat saat kali pertama tampil di hadapan para penggemar mereka di Indonesia setahun lalu. Kala itu mereka menjadi penampil dalam gelaran konser K-pop bersama Jun.K dari grup idola K-pop 2PM, penyanyi trot YoungTak dan penyanyi hip-hop Zion.T.

Di antara memori yang muncul, So Jung-hwan (Junghwan) menyebut hidangan nasi goreng, sementara Yoon Jae-hyuk (Jaehyuk) mengatakan dirinya saat itu menikmati konser di Jakarta dan ingin berkeliling kota usai konser kali ini berakhir.

Di sisi lain, Jeongwoo mengatakan ingin belajar membuat batik bersama rekan-rekannya. Menurut dia, batik termasuk salah satu warisan budaya Jakarta yang terkenal.

Tak melulu TREASURE, para TEUME ikut bagian dalam memeriahkan suasana konser melalui energi dan suara mereka, termasuk saat menyanyikan lagu "SLOWMOTION" kala para personel grup berada di belakang panggung, dan merayakan ulang tahun Park Ji-hoon (Jihoon), sebagai bagian dari proyek penggemar. Aksi TEUME ini sempat diunggah ke dalam Instagram Story TREASURE.

Konser yang dimulai sekitar pukul 18.30 WIB itu berakhir pada 21.30 WIB baik pada hari pertama maupun kedua. Sebelum pamit, para personel grup menyampaikan harapan dan komentar mereka. Di antara harapan yang terucap, keinginan untuk dapat kembali ke Indonesia dan meminta para penggemar menunggu mereka menjadi salah duanya.

Setelah merampungkan konser di Indonesia, kesepuluh personel grup yakni Choi Hyun-suk, Park Ji-hoon, Kanemoto Yoshinori, Kim Jun-kyu, Yoon Jae-hyuk, Hamada Asahi, Kim Do-young, Watanabe Haruto, Park Jeong-woo, dan So Jung-hwan akan bertandang ke sejumlah kota di Asia termasuk Bangkok, Singapura, Manila, dan Makau.

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2023