Tahap pertama kita akan kirimkan 100 pelaku UMKM
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) mengirimkan 100 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menimba ilmu di Universitas Trisakti terkait pengembangan usaha.

"Tahap pertama kita akan kirimkan 100 pelaku UMKM untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Insya Allah kita mulai setelah Lebaran," kata Kepala Suku Dinas Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PPKUMKM) Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid saat ditemui di Jakarta, Senin.

Iqbal menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama antara Sudin PPKUMKM Jakarta Barat dengan Universitas Trisakti dalam rangka meningkatkan kualitas UMKM.

Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan pelatihan khusus selama beberapa pekan tentang tata cara melakukan pembukuan usaha.

Baca juga: Jakbar gandeng pusat perbelanjaan promosikan produk kerajinan tangan

Setelah diberikan bekal secara materi, pihak kampus akan mengirimkan mahasiswanya untuk memantau proses pembukuan yang dilakukan pelaku usaha di lapangan.

Sejauh ini, lanjut Iqbal, baru Universitas Trisakti yang sudah setuju untuk bekerjasama.

Pihaknya kini tengah berkomunikasi dengan Universitas Bina Nusantara untuk bekerjasama dalam bidang yang sama.

Iqbal berharap kerja sama dengan tenaga pendidik ini bisa meningkatkan kualitas UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Baca juga: Pemkot Jakbar gandeng BUMD dan universitas untuk bina UMKM

Sebelumnya, Iqbal beserta jajarannya juga sudah melakukan kerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Food Station Tjipinang Jaya.

Kerja sama yang dilakukan yakni menyediakan tempat bagi PT Food Station Tjipinang Jaya untuk menggelar pangan murah dengan harapan bazar UMKM akan semakin ramai dikunjungi warga.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Bank BJB, Bank Mandiri dan Bank BRI untuk membantu para pelaku UMKM dalam permodalan usaha.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023