Investor mencoba untuk memperkirakan risiko stabilitas, tetapi juga harus memproses aset mereka dipangkas untuk menyelamatkan deposan
Singapura (ANTARA) - Ekuitas bank mendorong pasar saham Asia lebih rendah pada Senin, dengan aset-aset safe-haven seperti obligasi menguat karena kesepakatan akhir pekan untuk menyelamatkan Credit Suisse dan janji likuiditas dari bank-bank sentral tidak dapat membendung kekhawatiran bahwa krisis yang lebih besar sedang terjadi di sistem keuangan.

Keuntungan di Asia untuk kontrak berjangka S&P 500 dan kontrak berjangka Eropa berbalik saat matahari terbit di London. S&P 500 berjangka terakhir turun 1,0 persen. Indeks Eropa berjangka turun 1,2 persen dan FTSE berjangka merosot 1,5 persen dengan investor bergegas memperkirakan penurunan suku bunga.

Di Hong Kong, saham HSBC anjlok 7,0 persen dalam sesi terburuknya selama enam bulan. Saham Standard Chartered turun hampir 8,0 persen dengan omset tinggi. Bank-bank Tokyo jatuh 1,9 persen dan saham bank memimpin penurunan 1,6% persenuntuk indeks saham Asia-Pasifik terluas MSCI di luar Jepang.

Indeks Nikkei Jepang berakhir jatuh 1,4 persen, indeks Hang Seng ditutup tergelincir 2,6 persen, indeks saham unggulan China CSI 300 melemah 0,5 persen, indeks Shanghai juga turun 0,5 persen, indeks KOSPI Korea Selatan terpangkas 0,7 persen serta indeks S&P/ASX 200 Australia jatuh 1,4 persen.

Selama akhir pekan, UBS mengatakan akan membeli Credit Suisse seharga 3 miliar franc (3,2 miliar dolar AS). Federal Reserve, Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Jepang berjanji untuk membuatnya lebih mudah membeli dolar, meningkatkan frekuensi operasi pasokan.

Tetapi dengan beberapa pemegang obligasi Credit Suisse yang tidak memiliki apa-apa, dan kegelisahan memuncak setelah seminggu di mana kekhawatiran menjamur bahwa pemberi pinjaman regional AS ke bank sistemik besar di jantung Eropa, investor tidak merasa ingin mengambil risiko.

"Kali ini minggu lalu, ketika kita berbicara tentang SVB dan Signature, sangat berbeda karena kita hanya berbicara tentang deposan dan bukan kualitas aset-aset," kata Steven Major, kepala penelitian pendapatan tetap global di HSBC.

Baca juga: Saham Asia melemah Senin di tengah kesepakatan pembelian Credit Suisse

"Minggu ini kami telah pindah ke Eropa dan kami sedang melihat aset-aset ... siapa pun yang mengatakan minggu lalu Anda tidak dapat membandingkan hipotek subprime dan obligasi subprime dengan krisis ini - yah, sebenarnya sudah berjalan," tambah Major.

Obligasi maju-mundur sejalan suasana hati. Aksi jual di Asia memberi jalan memburu aset-aset aman, mendorong imbal hasil obligasi pemerintah dua tahun dan 10-tahun ke level terendah dalam enam bulan.

Pergerakan awal dari mata uang safe-haven gagal dan yen naik 0,5 persen.

Dana Fed berjangka melonjak karena investor menghentikan penurunan suku bunga di masa depan dan mulai memperkirakan pada pemotongan suku bunga AS segera setelah Juni.

"Ini sangat liar dan masih banyak volatilitas yang mungkin masih akan datang," kata Jason Wong, ahli strategi di BNZ.

Beberapa masalah yang mengganggu menjadi fokus. Salah satunya adalah meskipun ada dukungan likuiditas, jaminan simpanan dan - dalam kasus pinjaman langsung Credit Suisse dari bank sentral - belum cukup untuk mengatasi situasi.

Yang lain adalah bahwa beberapa pemegang obligasi junior tampaknya tidak memiliki apa-apa setelah Credit Suisse mengatakan bahwa utang semacam itu akan diturunkan menjadi nol - menakuti pemegang kertas serupa di bank lain dan meningkatkan momok tekanan pendanaan bank.

"Investor mencoba untuk memperkirakan risiko stabilitas, tetapi juga harus memproses aset mereka dipangkas untuk menyelamatkan deposan," kata Damien Boey, kepala strategi ekuitas di bank investasi Barrenjoey yang berbasis di Sydney.

"Pertanyaan kuncinya adalah apakah masalah solvabilitas atau likuiditas cukup diatasi dengan upaya talangan/merger untuk menghentikan serbuaan para nasabah. Jawabannya belum jelas."

Perkiraan suku bunga juga kemungkinan akan tetap bergejolak sementara ada kekhawatiran terhadap bank-bank regional di Amerika Serikat.

Seorang pejabat AS mengatakan pada Minggu (19/3/2023) bahwa arus keluar simpanan telah melambat dan dalam beberapa kasus berbalik. Tetapi peringkat kredit First Republic juga didorong lebih dalam ke status sampah oleh S&P Global dan di tempat lain upaya untuk meningkatkan modal menemui kesulitan.

Baca juga: Saham Asia dibuka menguat karena gejolak perbankan mereda

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023