Penghargaan ini wujud apresiasi atas keberhasilan kita setelah berjuang mengendalikan pandemi COVID-19 hampir selama tiga tahun lamanya
Tanjungpinang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) karena dinilai menjadi provinsi berkinerja terbaik untuk penanganan pandemi COVID-19 di wilayah Sumatera.

Penghargaan itu diterima langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam acara penghargaan penanganan COVID-19 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, di Jakarta, Senin (20/3) 2023.

"Penghargaan ini wujud apresiasi atas keberhasilan kita setelah berjuang mengendalikan pandemi COVID-19 hampir selama tiga tahun lamanya," kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan tertulis yang diterima dari Humas Pemprov Kepri di Tanjungpinang.

Presiden menyebut salah satu nilai yang bisa dipetik dari pandemi COVID-19 ialah sinegritas dari semua pihak. Keberhasilan menangani wabah itu melalui sinergitas antar kementerian dan lembaga, sehingga harus terus dilanjutkan.

"Keberhasilan ini adalah kerja keras seluruh komponen bangsa dan saya lihat kalau kita tertekan masalah, kita ini semuanya bekerja," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Ansar Ahmad menyebutkan penanganan pandemi COVID-19 di Kepri dapat berjalan baik berkat kerja sama dan kerja keras seluruh forkopimda, pemerintah kabupaten/kota, organisasi kemasyarakatan, swasta, dan tenaga kesehatan.

"Saya ingin mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kepri, khususnya tenaga-tenaga terdepan seperti tenaga kesehatan, KKP, dan yang lainnya," ujar Ansar.

Bagi gubernur pengalaman penanganan pandemi COVID-19 menjadi sebuah pengalaman berharga bagi Kepri untuk bagaimana terus bersatu menghadapi tantangan dan persoalan yang akan datang.

"Ini semuanya tentu berkat dorongan Bapak Presiden, apresiasi juga untuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai koordinator penanganan pandemi COVID-19 di luar Jawa dan Bali," katanya.

Adapun indikator yang dinilai untuk kinerja pemda dalam pengendalian pandemi antara lain regulasi penanganan COVID-19, kinerja penegakan protokol kesehatan, kapasitas respon, inovasi penanganan COVID-19, serta kebijakan dan realisasi anggaran penanganan COVID-19 di daerah.

Di samping itu kinerja pemda dengan hasil akhir berupa cakupan testing, tracing, treatment dan cakupan vaksinasi juga menjadi sumber penilaian.

Kategori pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dalam pengendalian pandemi COVID-19 sendiri terdiri dari kategori penghargaan provinsi berkinerja terbaik dan kbupaten/kota berkinerja terbaik untuk terbaik satu, dua, dan tiga per kawasan, yaitu Sumatera, Jawa-Bali, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara-Maluku-Papua.

Ada juga penghargaan puskesmas dengan pengelolaan vaksinasi COVID-19 terbaik di Sumatera, di Provinsi Kepri yang mendapat penghragaan itu adalah Puskesmas Batu Aji, Puskesmas Meral, dan Puskesmas Tanjungpinang.

Baca juga: Sejak pandemi, warga Kepri meninggal akibat COVID-19 capai 1.779 orang

Baca juga: Melihat kebijakan bantuan sosial Pemprov Kepri saat pandemi COVID-19

Baca juga: Kunjungan wisman ke Kepri pada September 2022 tertinggi selama pandemi

Baca juga: 74 ribu PMI dipulangkan melalui Kepri selama pandemi COVID-19

Pewarta: Ogen
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023