Di tengah upaya sejumlah perusahaan yang melakukan PHK sampai memindahkan pabriknya ke provinsi lain, LKS Tripartit sedang berupaya mempertahankan peningkatan investasi di Jabar
Bandung (ANTARA) -
Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit (terdiri dari pemerintah, organisasi pengusaha, dan serikat pekerja/serikat buruh) tingkat kabupaten dan kota serta Provinsi Jawa Barat, berupaya mempertahankan peningkatan investasi di Jawa Barat.
 
"Di tengah upaya sejumlah perusahaan yang melakukan PHK sampai memindahkan pabriknya ke provinsi lain, LKS Tripartit sedang berupaya mempertahankan peningkatan investasi di Jabar," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi, di Kota Bandung, Senin.
 
Ditemui seusai membuka Rakor Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit se-Jawa Barat, Taufik menuturkan ada sejumlah topik utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut.
 
"Hal penting lainnya yang dibahas adalah upaya penurunan angka pengangguran dan peningkatan produktivitas pekerja di Jabar," kata Taufik.
 
Dia mengatakan pemerintah daerah berupaya menunjang sekaligus mengawal kebijakan pemerintah pusat terkait dunia usaha dan kesejahteraan buruh.
 
Dalam hal ini, kata dia, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat berupaya mengawal kebutuhan atau kesejahteraan buruh, sekaligus bisa mendorong produktivitas, juga mendorong peningkatan daya saing industri dan dunia usaha di Jawa Barat.
 
"Untuk hal tersebut tentunya tidak mungkin pemerintah berjalan sendiri, perlu kebersamaan dengan para pengusaha pemberi kerja dan tentunya dari para pekerjanya sendiri," kata dia.
 
"Jadi istilah kami ini saling memberi gitu ya, buruh memberikan produktivitas sehingga dunia industri maju, demikian juga pengusaha bisa memberikan kesejahteraan kepada buruh," lanjut Taufik.
 
Menurut dia, dengan kebersamaan antara unsur LKS Tripartit ini maka pihaknya berharap Jawa Barat tetap menjadi lokomotif dunia industri di Indonesia.
 
Sehingga hal paling penting di Jawa Barat adalah bagaimana memecahkan permasalahan terkait dengan hubungan tata kerja antara pengusaha dengan para pekerja.
 
"Hal ini kita lihat banyak sekali perusahaan yang PHK, banyak sekali perusahaan yang tidak memperpanjang kontrak, juga banyak perusahaan yang sekarang relokasi yang padat karya pindah ke Jawa Tengah, kemudian juga banyak perusahaan-perusahaan sekarang alih daya begitu ya," ujarnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan LKS Tripartit menyepakati agar hak-hak pekerja di Jawa Barat bisa tetap terjaga sekaligus bisa memberikan kesejahteraan.
 
Dengan kesejahteraan, otomatis pekerja akan memberikan produktivitas dan terus mendorong dunia usaha.
 
Sementara itu, Ketua Kadin Jawa Barat Cucu Sutara, mengatakan pihaknya mengapresiasi adanya diskusi LKS Tripartit tersebut karena memang sedang sangat membutuhkan momentum untuk duduk bersama membahas berbagai hal mengenai dunia usaha di Jawa Barat.
 
"Ini memang penting bagaimana kita mendengarkan dialog dan komunikasi antara serikat pekerja dan pengusaha. Karena walau bagaimana pun dua ini adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan," kata Cucu.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023