Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi kolaborasi antara brand fesyen lokal Machine56 dengan game global PUBG Mobile dan berharap karya anak bangsa dapat terus bersaing di kancah internasional.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kolaborasi Machine56 dan PUBG Mobile. Semoga karya anak bangsa dapat bersaing di kancah internasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara mingguan (weekly brief) secara daring, Senin.

Sebagai informasi, dalam kolaborasi tersebut, PUBG Mobile meluncurkan in-game skin bertema Machine56. Sementara itu, Machine56 meluncurkan apparel eksklusif bertema PUBG Mobile yang diproduksi terbatas, yakni hanya 300 unit di seluruh dunia.

Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio Kemenparekraf Iman Santosa mengatakan, kolaborasi tersebut dapat membawa multiplier effect atau efek berganda. Tak hanya untuk industri game tapi juga industri fesyen.

"Pasar (game) di Indonesia itu menempati posisi 16 besar dunia dengan nilai Rp25 triliun pada tahun 2022. Tapi, sebagian besar dikuasai oleh game luar negeri. Yang lokal itu hanya lima persen. Tapi untuk itu, kita bisa cari sisi lain yaitu bagaimana mengembangkan multiplier effect," ujar Iman.

"Jadi inilah peran dari PUBG Mobile untuk membantu mengembangkan industri subsektor fesyen (lokal)," lanjut dia,

Sementara itu, CEO Bubu.com dan LabX Agency Shinta Dhanuwardoyo selaku inisiator, mengatakan kolaborasi tersebut merupakan wujud dari visi dan misi perusahaannya untuk dapat mengawinkan brand lokal dengan brand global.

"Kita pengin lihat bahwa pemain kreatif di Indonesia seperti Machine56 ini sudah diakui di dunia. 90 persen pasarnya Machine56 ini di Amerika. Jadi idenya adalah bagaimana kita memperlihatkan kekerenannya brand lokal ke dunia," ujar Shinta.

Sementara itu, Country Manager Level Infinite yang merupakan pengembang PUBG Mobile Elvarica Noviyanti mengatakan pihaknya sengaja menggandeng Machine56 sebab komunitas PUBG Mobile sudah sangat mengenal brand tersebut sebagai streetwear favorit mereka.

"Menurut mereka, brand ini desainnya futuristik dan elegan. Jadi kami ingin membawa agar semua penggemar PUBG Mobile dapat menikmati," katanya.

Ia pun berharap, dengan kolaborasi tersebut, brand-brand lokal di Indonesia dapat semakin dilihat di mancanegara.


Baca juga: Wifkain dan KoinWorks kolaborasi UMKM fesyen

Baca juga: "We Are One", kolaborasi jenama fesyen lokal dengan Disney

Baca juga: Skechers luncurkan kolaborasi fesyen dengan Diane Von Furstenberg

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023