Jakarta (ANTARA) - Pemerintah RI memberikan penghargaan kepada Koalisi Masyarakat Sipil untuk Akses Vaksinasi bagi Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan sebagai pihak yang turut berkontribusi aktif dalam upaya penanganan pandemi COVID-19.

Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil untuk Akses Vaksinasi bagi Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan Hamid Abidin menyebut PPKM Award 2023 bentuk apresiasi pemerintah atas kontribusi koalisi dalam membantu program vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat adat dan kelompok rentan.

"Walau status PPKM sudah dicabut, saat ini kami tetap bekerja menggelar vaksinasi bagi masyarakat adat, kelompok rentan, dan penyandang disabilitas di daerah yang masih butuh vaksinasi," kata Hamid Abidin usai menerima PPKM Award di Jakarta, Senin.

Hamid mengucapkan terima kasih atas pengakuan terhadap kerja koalisi selama ini dalam membantu memenuhi hak-hak kesehatan masyarakat adat dan kelompok rentan, terutama di Papua, Papua Barat, Maluku, Lampung, dan Yogyakarta.

Sepanjang pandemi, Koalisi turut membantu pemerintah dalam menyalurkan dan melakukan vaksinasi di kelompok rentan, masyarakat adat, dan penyandang disabilitas.

Tahun 2022, Koalisi membantu vaksinasi lebih dari 56 ribu dosis. Pada 2021, mencapai 241 ribu dosis disalurkan dengan bantuan Koalisi.

"Tahun ini, Koalisi terus bekerja membantu vaksinasi dari vaksin dosis pokok hingga dosis booster," katanya.

Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Rukka Sombolinggi mengatakan Indonesia perlu kesetaraan vaksin dan akses kesehatan lainnya.

"Selama ini, karena akses lokasi yang sulit, masyarakat adat jarang tersentuh oleh layanan kesehatan. Padahal, kesehatan adalah salah satu kunci memperkuat masyarakat adat," katanya.

Jika masyarakat adat kuat dan hak-hak mereka dipenuhi, kata Rukka, maka mampu menghadapi ancaman lingkungan dan krisis iklim. “Kami harus memperkuat masyarakat adat, karena mereka adalah benteng terakhir penjaga hutan kita,” katanya.

Menurut Rukka, salah satu jalan memperkuat masyarakat adat adalah dengan mengesahkan RUU Masyarakat Adat menjadi Undang-undang.

Selama ini, Koalisi bersama AMAN dan mitra-mitra yang bekerja di kelompok adat, membantu akses vaksinasi dengan mendata kebutuhan vaksin dan menggelar vaksinasi dengan jemput bola.

Koalisi dianugerahi penghargaan ini untuk kategori 'Sentra Vaksinasi COVID-19" yang nominasinya diusulkan oleh daerah.

PPKM Award adalah apresiasi dari Pemerintah Indonesia kepada semua komponen bangsa baik di pusat maupun di daerah yang berkontribusi dan bekerja keras menangani pandemi COVID.

Penghargaan PPKM Award ini diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada beberapa perwakilan penerima penghargaan tersebut di Gedung Dhanapala, Jakarta, hari ini.

Baca juga: Muhammadiyah raih penghargaan PPKM Award dari Presiden Jokowi

Baca juga: Presiden beri penghargaan atas kontribusi berbagai pihak selama PPKM


Baca juga: Berhasil kendalikan COVID, Pemkot Medan masuk nominasi PPKM Award 2023

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023