Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada potensi terjadinya hujan lokal disertai angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Waspada perubahan cuaca signifikan secara tiba-tiba yaitu hujan lokal dengan intensitas ringan-sedang yang berpotensi diiringi guntur dan angin kencang.," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza, Sabtu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpeluang hujan ringan di Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Dairi, Pakpak Barat, Samosir, Toba, Simalungun, Mandina, Sibolga, Humbahas, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Tengah.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang di Sumatera Utara

Malam hari berpeluang hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Langkat, Karo, Dairi, Toba, Samosir, Mandailing Natal, Simalungun, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

Sementara suhu udara:16 sampai 33 derajat Celsius, kelembapan udara : 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia berawan pada Selasa
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023