Ini merupakan wujud dari penerapan Inisiatif, Kolaborasi dan Inovasi (IKI)​​​​​​​ yakni memanfaatkan media digitalisasi untuk pengelolaan lingkungan hidup yang begitu kompleks
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur, mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai Chief of Transformation Bidang Lingkungan Hidup atas dedikasi dalam kolaborasi transformasi digital dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Ini merupakan wujud dari penerapan Inisiatif, Kolaborasi dan Inovasi (IKI) yakni memanfaatkan media digitalisasi untuk pengelolaan lingkungan hidup yang begitu kompleks," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa.

Kolaborasi, lanjutnya, dilakukan bersama perguruan tinggi pada bidang lingkungan yang memanfaatkan digitalisasi bersama Program Kurikulum Merdeka yang diterapkan oleh pemerintah.

Menurutnya, langkah kolaborasi meliputi berbagai upaya kerja sama serta inovasi program digitalisasi yang digunakan untuk memudahkan monitoring dan mengevaluasi program pengelolaan lingkungan hidup.

"Dengan adanya kolaborasi ini bisa menjadi solusi bagi Kota Batu dalam mengelola lingkungan yang lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Batu ajak anak-anak tanam pohon jaga kelestarian lingkungan

Pemkot Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup sejak Juni 2022 berkolaborasi dengan SEAL dan AWS melalui Program Sekolah Independen Bersertifikat (SIB) Kemendikbudristek. Program SIB merupakan langkah untuk mendorong penyelesaian permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah (pemda) melalui digitalisasi serta akselerasi transformasi digital dengan melibatkan civitas akademika atau mahasiswa.

Mahasiswa SIB berhasil menyusun aplikasi untuk membantu Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu melaksanakan tugas dan fungsinya. Aplikasi tersebut yaitu SIMBASTU yang merupakan Sistem Informasi Manajemen Bank Sampah di Batu, kemudian SIMAs yang merupakan Sistem Informasi Monitoring Air Sungai, Digitalisasi Pendataan Kualitas dan Kuantitas Air Sungai Kota Batu, dan aplikasi SIMAs yang menghasilkan data terkait kualitas dan kuantitas pada air sungai di Kota Baru secara real time.

Selain aplikasi SIMSAT yang merupakan Sistem Informasi Sampah TPS-3R yang fokus pada sistem pelaporan sampah dari TPS3R ke DLH Kota Batu. SIMSAT memberikan fasilitas pelaporan dan penginputan data sampah yang terukur bagi petugas TPS3R.

Sejak November 2022 Pemkot Batu menyusun Sistem Informasi Penataan dan Penaatan (SIPP) sebagai platform penaatan lingkungan sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berbasis data, terintegrasi, kolaboratif dan komprehensif.

Baca juga: KLHK bangun IPAL Komunal di Kota Batu perbaiki kualitas lingkungan

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023