Kami lihat Bapak Presiden suka sekali memakai gaya yang stylish, jadi kami coba mungkin dengan produk yang kami buat khusus itu
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diberi sebuah jaket bomber berwarna cokelat oleh perancang busana asli Papua, Eunike Yunita, saat meninjau Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Selasa, Presiden Jokowi meninjau sejumlah stan produk yang dihasilkan oleh para pemuda Papua di PYCH di Jayapura pada Selasa, setelah meresmikan infrastruktur pengembangan kreativitas dan ekonomi para pemuda itu.

Dalam peninjauan tersebut, perancang busana asli Papua, Eunike Yunita, memberikan jaket hasil rancangannya kepada Presiden. Kepala Negara pun langsung menerima dan mengenakan jaket hasil karya asli anak bangsa tersebut.

Baca juga: Jokowi akan resmikan PYCH dan tanam jagung di "food estate" Keerom

“Kami lihat Bapak Presiden suka sekali memakai gaya yang stylish, jadi kami coba mungkin dengan produk yang kami buat khusus itu, Bapak suka,” kata Eunika.

Eunike menjelaskan bahwa jaket tersebut dibuat dengan memadukan motif Batik Papua di bagian kantungnya. “Kami memadukan antara batik Papua yang kami buat dengan bahan yang lain,” kata dia.

Eunike pun berharap dengan kehadiran PYCH, para perancang busana di Papua juga dapat memiliki kesempatan untuk menggelar festival busana seperti daerah lainnya. Hal tersebut dinilai penting untuk memperkenalkan budaya Papua yang lebih luas lagi.

Baca juga: PYCH fasilitasi produk UMKM lokal papua ke pasar nasional

“Kami punya harapan besar bahwa kami juga diberi kesempatan yang sama seperti Jember Fashion Week untuk mengadakan festival tiap tahunnya, karena dari situ kami bisa mengenalkan Papua dari sisi yang berbeda,” kata Eunike.

Presiden Jokowi pada Selasa meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua. Dalam sambutannya saat peresmian, Presiden Jokowi menekankan bahwa Papua menjadi prioritas pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang Indonesia Sentris.

“Saya sampaikan bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawa Sentris tetapi Indonesia Sentris dan Tanah Papua menjadi prioritas dari pembangunan yang kita lakukan,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Anggota DPR akui Presiden Jokowi beri perhatian besar untuk Papua


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023