Modus tersangka yaitu membuntuti korban
Jakarta (ANTARA) -
Subdit Reserse Mobile (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya berhasil membongkar kasus pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis nasabah bank di Bekasi.

"Ada empat tersangka yang berhasil kita amankan pada Kamis (16/3) sekitar pukul 01.00 WIB di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Jawa Barat, sedangkan dua tersangka masih buron, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Trunoyudo menambahkan empat tersangka tersebut berinisial PH (35), M (32), WD (37), dan IZ (39) merupakan para residivis yang sudah bermain di sejumlah wilayah mulai dari Lampung, Jawa Barat dan Tangerang.
 
"Modus tersangka yaitu membuntuti korban, jika keadaan sepi para tersangka langsung melakukan perampasan dengan kekerasan, " katanya.

Trunoyudo menambahkan barang bukti yang berhasil disita yakni sebuah senjata tajam berjenis parang, sebuah ponsel dan satu kendaraan roda dua milik tersangka.

Baca juga: Polsek tangkap anggota Polres gadungan yang lakukan pencurian

Sebelumnya, para komplotan tersebut beraksi di Jalan Nusantara Raya RW 09, Kelurahan Aren Jaya, Perum 3 Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi, pada Jumat (3/3) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kepala Unit 2 Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Maulana Mukarom menjelaskan korban pencurian berinisial LZ (62) bersama anaknya mengalami kerugian sebanyak Rp84 juta dan luka patah tulang rusuk akibat ditendang oleh salah satu tersangka.

"Korban yang sedang memarkir mobilnya diikuti oleh dua tersangka kemudian dihampiri dan langsung merampas tas korban dengan kekerasan, lalu melarikan diri," katanya.

Polisi menjelaskan para tersangka tersebut mempunyai perannya masing-masing, PH sebagai eksekutor, M memantau situasi sekitar TKP, kemudian WD berperan mencari target di dalam bank dan IZ sebagai pemantau situasi TKP dan informasi dari WD.

Para tersangka terancam Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pidana penjara maksimal 12 tahun.

Baca juga: Pencurian alat rias-celengan Rp15 juta di Jagakarsa diselidiki polisi

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023